Siasat Agar Rumah Tahan Banjir

Siasat Agar Rumah Tahan Banjir

Banjir merupakan bencana yang sering melanda di beberapa daerah di Indonesia ketika musim hujan. Banjir sangat merepotkan apabila sampai masuk ke dalam rumah. Hal ini dikarenakan dapat merusak berbagai barang dan bisa menimbulkan penyakit. Namun, kini Anda jangan khawatir karena berikut ini akan diulas beberapa tips yang dapat diterapkan agar rumah tahan banjir. 

Tips Agar Rumah Tahan Banjir

  • Membuat Sumur Resapan atau Lubang Bipori

Air permukaan yang tidak terserap dengan baik ke dalam tanah dapat menyebabkan banjir. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan membuat sumur resapan atau lubang bipori.  

Bipori merupakan lubang kecil berukuran 10 hingga 30 cm yang Anda buat di tanah. Pada lubang tersebut Anda masukkan sampah organik. Sampah organik berfungsi sebagai makanan bagi cacing dan akar tanaman. 

Metode ini sangat efektif untuk mempermudah proses terserapnya air ke dalam tanah sehingga tidak menimbulkan genangan yang menjadi penyebab banjir. Apalagi cara membuatnya praktis dan mudah.

  • Mengeruk Tanah

Apabila rumah Anda posisinya lebih rendah dibandingkan permukaan jalan maka sebaiknya tanah di sekitar rumah dikeruk. Namun, Anda juga harus memperhatikan level lantai rumah sebelum melakukan pengerukan tanah.  

Apabila semua halaman rumah tidak ingin Anda timbun maka solusinya adalah dengan membuat tanggul yang tinggi di halaman. Tujuannya adalah untuk mencegah air masuk ke halaman rumah Anda. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar rumah tidak terkena banjir. 

  • Meninggikan Lantai Rumah

Meninggikan lantai rumah menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mencegah rumah terkena banjir. Namun, cara ini membutuhkan biaya banyak. Hal ini dikarenakan Anda harus siap merenovasi rumah. 

Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membuat lantai menjadi lebih tinggi. Misalnya adalah tinggi plafon, utilitas di bawah lantai dan masih banyak lagi bagian yang harus direnovasi.

Anda bisa mencoba ketiga tips di atas untuk membuat rumah agar tahan terhadap banjir. Dengan demikian, Anda akan lebih tenang saat musim hujan tiba meskipun tinggal di daerah yang sering dilanda banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *