Simak Cara Kembalikan Kilau Alumunium Pada Alat Dapur

Simak Cara Kembalikan Kilau Alumunium Pada Alat Dapur

Anda banyak menemukan berbagai peralatan dapur yang terbuat dari alumunium seperti wajan, panci, teko dan lain-lain. Alumunium termasuk salah satu logam yang ringan dan memerlukan teknik khusus untuk merawatnya.

Alat dapur harus rutin dibersihkan agar tidak mengalami akumulasi alumunium oksida dan mencegah akumulasi kotoran. Hal ini dikarenakan akumulasi tersebut dapat berpengaruh terhadap integritas logam. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengembalikan alumunium pada alat dapur agar tetap berkilau.

Cara Membuat Alumunium Pada Alat Dapur Berkilau Kembali

  • Mencampurkan Cuka, Garam dan Tepung

Anda masukkan 1 sendok teh garam ke dalam 230 ml cuka putih. Anda tambahkan tepung sampai terbentuk pasta. Pasta Anda oleskan pada panci menggunakan kain. Anda diamkan pasta selama 15 menit sampai 1 jam. Panci dibilas dengan air hangat, lalu Anda keringkan dan dipoles dengan handuk atau kain flanel yang lembut. 

  • Menggunakan Cuka Apel

Bagian dalam teko alumunium yang sudah berubah warna bisa Anda bersihkan. Caranya Anda isi teko dengan 1 liter air, 2 sendok makan krim tartar dan setengah cangkir cuka. Anda didihkan selama 10 menit, lalu ditambahkan pembersih. 

Teko dibiarkan sampai air di dalamnya dingin. Selanjutnya, dibersihkan memakai sabun dan air panas. Apabila noda sulit dihilangkan, gunakan bantalan wol baja untuk menggosok bagian yang bernoda. 

Selain itu, Anda bisa memakai kulit apel. Kulit apel direbus pada air mendidih selama 20 hingga 30 menit. Selanjutnya, air rebusan dimasukkan ke dalam teko dan dibiarkan sampai dingin. Adanya kandungan asam pada apel dapat menghilangkan noda pada teko.  

  • Menggunakan Saus Tomat

Anda oleskan saus tomat pada panci atau benda lain yang terbuat dari alumunium. Anda biarkan 15 hingga 20 menit. Anda gosok dengan kain lembut, lalu segera dibilas agar mencegah timbulnya goresan. Selanjutnya, panci dikeringkan dengan kain yang lembut. 

Alat-alat dapur berbahan alumunium bisa dibersihkan agar berkilau kembali dengan menggunakan bahan-bahan seperti saus tomat, kulit apel dan cuka. Setelah alat-alat tersebut bersih, Anda harus segera mengeringkannya agar tidak muncul goresan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *