Ini Cara Basmi Jamur Dan Lumut di Dinding Bata Rumah

Ini Cara Basmi Jamur Dan Lumut di Dinding Bata Rumah

Kehadiran jamur dan lumut di dinding sangat mengganggu keindahan rumah Anda. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan dinding kotor, menimbulkan bau tidak sedap dan sporanya bisa menimbulkan alergi.

Jamur dan lumut dapat tumbuh akibat dinding lembab, atap yang bocor, dinding rembes dan lain-lain. Pertumbuhan dan penyebarannya sangat cepat, oleh karena itu harus segera ditangani. Berikut ini akan diulas beberapa cara untuk membasminya agar tidak membuat dinding rusak.  

Cara Ampuh Basmi Jamur Dan Lumut Di Dinding

  • Digosok Menggunakan Amplas

Jamur dan lumut dapat dihilangkan dengan cara menggosok dinding menggunakan amplas. Tujuannya adalah agar dinding menjadi berpori sehingga dapat mengeluarkan uap air yang berada di dalamnya. Selain itu, juga bisa mengeluarkan bau, lumut dan jamur.    

  • Digosok Menggunakan Kaporit

Kaporit dapat Anda gunakan untuk memusnahkan jamur dan lumut. Namun, demi menjaga keamanan Anda dianjurkan memakai sarung tangan karet, masker dan kacamata agar melindungi diri dari zat kimia. 

Caranya adalah dinding digosok dengan kaporit hingga bersih. Kemudian, Anda biarkan beberapa hari. Hasilnya menunjukkan jamur maupun lumut tidak dapat muncul kembali. Selanjutnya, dinding Anda kerok untuk menghilangkan sisa-sisa kaporit yang menempel.  

  • Dinding Dilapisi dengan Pelapis Anti Bocor

Pada dinding yang sering mengalami bocor biasanya banyak ditumbuhi jamur atau lumut. Jamur bisa menyebar dengan cepat sehingga dapat merusak pemandangan karena menyebabkan dinding bernoda. 

Solusinya adalah Anda harus melapisi dinding menggunakan pelapis anti bocor agar lumut dan jamur tidak bisa tumbuh lagi. Dengan demikian, dinding Anda akan kembali bersih dan enak dipandang mata.  

  • Membersihkan Dinding Menggunakan Deterjen

Anda siapkan deterjen atau pemutih, lalu dinding dibersihkan menggunakan kain bertekstur lembut, sikat nilon atau spons. Anda  tidak dianjurkan memakai sikat yang kasar agar dinding tidak rusak. Selanjutnya, dinding dibilas menggunakan air bersih dan dikeringkan.  

Keempat cara di atas telah terbukti ampuh membasmi jamur dan lumut pada dinding dengan cepat. Anda bisa mencobanya untuk membuat dinding menjadi bersih dan terbebas dari noda sehingga semakin mempercantik tampilan rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *