Trik Basmi Lumut Pada Paving Block

Trik Basmi Lumut Pada Paving Block

Lumut yang menempel di paving block sangat membahayakan. Hal ini dikarenakan lumut menyebabkan lantai menjadi licin sehingga bisa membuat orang yang lewat tergelincir. Selain itu, juga dapat merusak pemandangan. Oleh karena itu, Anda harus segera membersihkannya. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk membasmi lumut pada paving block.  

Cara Basmi Lumut Pada Paving Block

  • Memangkas Dahan Pohon yang Menutupi Paving Block

Area paving block yang tertutupi dahan pohon yang rimbun biasanya banyak ditumbuhi lumut. Hal ini dikarenakan area tersebut kurang terpapar sinar matahari sehingga menjadi lembab. Berbeda dengan kondisi di lahan terbuka yang mendapatkan cahaya matahari cukup tentu jarang dijumpai adanya lumut.  

  • Memperhatikan Sudut Kemiringan Saat Memasang Paving Block

Pemasangan paving block harus dilakukan oleh tukang yang telah berpengalaman agar hasilnya sempurna. Hal-hal yang harus diperhatikan saat memasangnya adalah sudut kemiringan harus tepat. 

Hal ini bertujuan agar saat musim hujan tiba air yang jatuh dapat mengalir ke saluran pembuangan dengan lancar. Dengan demikian, tidak menimbulkan adanya genangan air yang memicu tumbuhnya lumut. 

  • Menyemprot Fungisida

Apabila sudah banyak lumut yang tumbuh pada paving block, solusi untuk menghilangkannya adalah dengan menyemprotkan fungisida ke bagian permukaan maupun sela-selanya. Fungisida telah terbukti bisa menghambat pertumbuhan lumut. Anda dianjurkan untuk menyemprotkannya ketika tidak sedang turun hujan agar diperoleh hasil yang maksimal.  

  • Menaburkan Semen Bubuk

Menaburkan semen dapat Anda jadikan sebagai salah satu cara ampuh mengusir lumut. Caranya adalah paving block Anda siram dengan air, lalu semen ditaburkan secara merata. Semen dibiarkan mengering sehingga lumut tidak bisa tumbuh.  

  • Menaburkan Kapur Bangunan

Kapur bangunan yang telah dihaluskan juga bisa digunakan untuk mematikan lumut. Anda taburkan kapur pada bagian permukaan paving block yang sudah dibasahi dengan air. Hasil membuktikan tidak ditemukan adanya lumut meskipun kondisi lembab di musim hujan. 

Lumut yang menyelimuti paving block dapat dihilangkan dengan memberikan semen, kapur atau fungisida. Cara tersebut mampu membuat paving block menjadi lebih bersih, rapi dan enak dipandang mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *