Faktor Sepele Tapi Pengaruhi Biaya Perawatan Rumah Anda

Faktor Sepele Tapi Pengaruhi Biaya Perawatan Rumah Anda

Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika membeli rumah. Salah satunya adalah biaya pemeliharaan rumah secara rutin. Lalu, apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi total biaya perawatan rumah Anda? Yuk, simak info selengkapnya berikut ini.  

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Perawatan Rumah

  • Umur Rumah

Apabila umur rumah semakin tua maka estimasi biaya yang dibutuhkan untuk perawatan semakin besar. Contohnya adalah biaya untuk instalasi baru, memperbaiki dapur, atap, lantai dan berbagai perabotan yang rusak. Ciri suatu rumah tergolong tua adalah umurnya lebih dari 50 tahun. 

  • Keadaan Rumah

Keadaan rumah tua yang terurus tentu lebih baik dari pada rumah baru yang tidak terpelihara. Hal ini berkaitan dengan kenyamaan saat rumah ditempati, apalagi jika Anda berencana untuk menjual rumah tersebut. 

Apabila Anda melakukan perawatan secara konsisten sedikit demi sedikit maka ketika rumah membutuhkan renovasi, biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran. 

  • Ukuran Rumah 

Perawatan untuk rumah berukuran besar tentu lebih mahal dibandingkan dengan rumah berukuran kecil dan sederhana. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memilih rumah dengan ukuran yang standar sesuai kebutuhan. Tujuannya adalah agar rumah Anda tetap terpelihara dengan baik dan kebutuhan sehari-hari tetap bisa tercukupi. 

  • Lingkungan dan Lokasi

Apabila Anda tinggal dengan kondisi lingkungan yang basah atau lembab maupun lingkungan yang kering semua memiliki resiko. Pada lingkungan yang basah dan lembab, Anda harus rajin membersihkan dinding karena mudah ditumbuhi oleh lumut. Contohnya adalah di Bogor yang terkenal sebagai kota hujan.  

Saat  Anda tinggal di daerah yang sering terkena banjir maka dapat menyebabkan properti di rumah cepat rusak. Akibatnya, uang yang Anda butuhkan untuk memperbaiki rumah semakin banyak. Berbeda jika Anda tinggal di daerah kering maka Anda harus rajin membersihkan halaman dan saringan udara agar rumah tidak berdebu.  

Anda harus memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh besar terhadap biaya perawatan sebuah rumah. Faktor tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat menentukan rumah idaman. Hal ini dilakukan guna mencegah pembengkakan dana untuk merawat rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *