Tips Hilangkan Bau Akibat Jamur Pada Karpet

Tips Hilangkan Bau Akibat Jamur Pada Karpet

Jamur pada karpet dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Namun, Anda jangan khawatir karena bau tersebut dapat dihilangkan dengan memanfaatkan berbagai produk rumah tangga seperti cuka putih, soda kue dan lain-lain. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan produk-produk tersebut untuk mengatasi karpet yang bau akibat jamur. 

4 Cara Menghilangkan Bau Akibat Jamur Pada Karpet 

  • Menabur Soda Kue

Soda kue dapat Anda gunakan untuk menghilangkan berbagai macam bau, salah satunya adalah bau jamur pada karpet. Anda tinggal menaburkan soda kue pada karpet secara merata. 

Anda biarkan beberapa jam agar soda kue mampu menetralisir bau. Selanjutnya, Anda angkat butiran soda kue yang terdapat di karpet dengan penyedot debu. Hasil membuktikan aroma karpet kembali segar. 

  • Menyemprotkan Cuka Putih

Anda siapkan air hangat sebanyak dua gelas dan cuka putih satu gelas. Selanjutnya, Anda masukkan ke dalam botol lalu dikocok agar tercampur rata. Larutan disemprotkan pada karpet hingga lembab. 

Soda kue ditaburkan pada karpet yang telah basah, lalu karpet dibiarkan sampai mengering. Setelah itu, sisa soda kue Anda bersihkan menggunakan penghisap debu. Agar mencegah bau jamur muncul kembali, Anda bisa memakai kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan karpet.  

  • Menyemprotkan Lemon

Lemon mengandung zat asam yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada karpet. Caranya Anda semprotkan jus lemon yang telah dicampur air hangat pada karpet. Selanjutnya, gunakan kain kering untuk menggosok karpet. Anda bilas karpet dengan air sabun dan dikeringkan. Lalu, kotoran yang menempel dihilangkan memakai penyedot debu. 

  • Menyemprotkan Tea Tree Oil

Anda campurkan air satu gelas dengan tea tree oil sebanyak 16 tetes dan boraks. Karpet Anda semprot dengan larutan tersebut sampai lembab. Boraks ditaburkan di atas karpet lalu dibiarkan sampai karpet kering. Anda vakum karpet agar sisa boraks yang menempel bisa dihilangkan. 

Cara mengusir bau pada karpet akibat jamur sangatlah mudah. Anda cukup menyemprotkan salah satu bahan berikut, yaitu lemon, cuka dan tea tree oil atau menaburkan soda kue. Bahan-bahan tersebut bisa diperoleh dengan mudah  dan harganya murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *