Musim Hujan, Pastikan Periksa Instalasi Listrik Rumah!

Musim Hujan, Pastikan Periksa Instalasi Listrik Rumah!

Saat musim hujan, banjir menjadi salah satu hal yang wajib dihindari dan diantisipasi oleh masyarakat. Salah satunya adalah instalasi listrik. Anda harus memperhatikan kondisi keamanan kelistrikan di rumah. Dengan memeriksa kelistrikan, Anda dapat menjaga keselamatan keluarga.

Jika wilayah rumah Anda terkena banjir, maka pastikan sudah mematikan aliran listriknya. Hal itu bertujuan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan. Umumnya, PLN di beberapa daerah akan mematikan listrik di wilayah terkait. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah cara memeriksa instalasi listrik di rumah:

Cara Memeriksa Instalasi Listrik di Rumah

Jika Anda tidak memeriksa instalasi listrik, maka akan ada risiko yang harus dihadapi. Misalnya, korsleting hingga kebakaran. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memeriksa instalasi listrik di rumah:

 

  • Periksa Miniature Circuit Breaker (MCB)

 

MCB merupakan komponen instalasi listrik rumah yang berfungsi sebagai sistem proteksi saat ada beban berlebihan dan hubungan arus listrik (korsleting). Anda harus memastikan MCB di rumah sesuai dengan daya listriknya, terpasang di dalam box MCB hingga berstandar SNI.

 

  • Memasang Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)

 

Instalasi listrik juga wajib dipasangkan ELCB. Sebab, ELCB bisa memutuskan sumber listrik jika adanya kebocoran dalam listrik. Pastikan juga ELCB yang digunakan bisa mengamankan seseorang dari setruman. Kemudian, pastikan ELCB sudah terpasang dengan benar dan dilengkapi box pengaman.

 

  • Memeriksa Sambungan Kabel

 

Jika Anda memasang jenis kabel yang tidak kompetibel, maka akan menyebabkan kinerja instalasi listrik di rumah menjadi tidak sempurna. Anda juga bisa menggunakan kabel listrik sesuai Kemampuan Hantar Arusnya (KHA) dengan standar SNI.

Pastikan juga sudah memeriksa sambungan kabel agar tersambung dengan benar. Hal itu dapat menimbulkan kebakaran serta percikan api.

 

  • Stop Kontak dan Saklar Terpasang dengan Benar

 

Memasang stop kontak dan saklar harus dilakukan dengan benar, karena supaya instalasi listrik bisa bekerja dengan baik. Sebaiknya, pemasangan stop kontak dan saklar berjarak 50 cm dari lantai. Jika Anda memasang di tempat yang agak rendah, maka stop kontaknya harus dilengkapi penutup.

Memeriksa kondisi instalasi listrik di rumah sangat penting dilakukan. Apalagi, jika rumah Anda terkena banjir. Jika Anda ingin berpergian keluar rumah dalam waktu yang cukup lama, maka jangan lupa mencabut seluruh peralatan listrik di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *