Ada Air Merembes di Dinding Rumah Kamu Ini Cara Perbaikinya!

Ada Air Merembes di Dinding Rumah Kamu Ini Cara Perbaikinya!

Jika rumah Anda mengalami kebocoran, tentunya kenyamanan akan terganggu. Apalagi, jika kebocorannya merembes hingga dinding. Anda pasti akan kesulitan untuk mencari sumber kebocorannya jika ingin diperbaiki.

Jika dibiarkan, maka dinding menjadi lembap dan berjamur. Selain itu, dinding lembap bisa menimbulkan bau tak sedap. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kebocoran. Berikut ini adalah cara memperbaiki kebocoran di dinding rumah.

Cara Memperbaiki Kebocoran di Dinding Rumah

 

  • Mengindentifikasi Kebocoran

 

Umumnya, kebocoran terjadi karena adanya lubang kecil di dalam sistem pipa saluran air. Anda juga bisa menggunakan pengukur khusus kelembapan untuk mengidentifikasi tingkatannya. Tanda-tanda kebocoran tersebut adalah dinding basah, warnanya berubah, berjamur hingga ada genangan air di sekitar dinding.

 

  • Mencari Sumber Kebocoran

 

Setelah mengetahui letak kebocoran, Anda harus mencari sumbernya. Berikut ini adalah caranya mencari sumber kebocoran:

 

  • Saluran Air

 

Supaya bisa mengetahui apakah kebocoran tersebut berasal dari pipa saluran air, maka Anda harus mematikan seluruh keran di rumah. Tunggu hingga tiga jam, kemudian periksa kembali meteran airnya. Jika volume airnya meningkat, maka kebocoran tersebut berasal dari pipa saluran air di dalam ruangan.

  • Cek Bagian Luar

Jika pipa saluran air dalam ruangan bukanlah sebuah masalah, maka Anda bisa mengecek bagian luar ruangan. Periksa juga selokan yang agak tersumbat, ventilasi, jendela hingga pintu.

 

  • Periksa Bagian Eksterior Bawah

 

Jika kebocoran tersebut terjadi di level yang rendah, mungkin saja Anda memiliki masalah di bagian eksterior bawah. Penyebab dari kebocoran ini adalah alat penyiram rusak, saluran air, dan gradasi yang miring.

 

  • Cek Sirkulasi Udara di Rumah

 

Salah satu cara untuk meminimalisir kebocoran rumah adalah memiliki ventilasi. Sirkulasi udara yang baik tentunya membuat dinding Anda menjadi tidak lembap akibat terkena angin dan sinar matahari.

 

  • Mengecat Ulang

 

Jika dinding rumah merembes karena retakan rambut, maka Anda bisa mengecatnya. Sebelum mengecatnya, Anda harus mengupas sisa cat yang menempel dan membersihkannya. Kemudian, berikan waterproofing pada bagian dinding.

Waterproofing sendiri berfungsi sebagai penghalang air yang merembes kembali di bagian dinding. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pengecatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *