Langkah Mudah Bersihkan Rumah dengan Cuka

Langkah Mudah Bersihkan Rumah dengan Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan masakan yang biasa kita temui. Tidak hanya untuk menambah rasa asam pada makanan, namun cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Selain itu, ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan.

Hal itu dikarenakan cuka memiliki kandungan asam asetat yang tidak disukai oleh mikroorganisme. Maka dari itu, cuka menjadi salah satu pembersih alami yang cocok untuk membersihkan rumah. Berikut ini adalah beberapa langkah membersihkan rumah dengan cuka:

Cara Mudah Membersihkan Rumah dengan Cuka

 

  • Membersihkan Kloset

 

Cuka bisa digunakan untuk membersihkan kloset. Caranya, Anda tinggal menyemprotkan air cuka di bagian noda. Kemudian, gosok dengan sikat toilet hingga noda membandel tersebut menghilang.

 

  • Membersihkan Lantai

 

Cuka dapat menggantikan sabun pembersih lantai. Caranya, tuangkan 150 ml cuka dengan 2,5 liter air. Anda bisa menggunakan campuran tersebut sebagai pembersih lantai.

 

  • Membersihkan Kaca

 

Jika kaca rumah Anda berjamur dan kusam, maka bisa membersihkannya dengan cuka. Caranya sangat mudah, campurkan cuka dan air (50:50) dan oleskan ke bagian permukaan kaca. Setelah itu, Anda hanya perlu membersihkannya dengan kain lembut.

 

  • Membersihkan Karpet

 

Ternyata, cuka juga berfungsi untuk membersihkan noda di karpet. Caranya, campurkan cuka dengan air (50:50). Semprotkan campuran tersebut ke noda di bagian karpet dan tunggu 2 menit. Selanjutnya, gosok noda membandel dengan kain kering sampai kotorannya hilang atau pudar.

 

  • Menghilangkan Karat di Perabotan

 

Jika perabotan besi Anda sudah berkarat, maka bisa menggunakan cuka untuk menghilangkannya. Caranya, Anda tinggal menyemprotkan cuka di bagian yang berkarat, kemudian gosok dengan sikat gigi sampai karatnya menghilang. Jangan lupa membersihkannya dengan air.

 

  • Menghilangkan Kerak di Kamar Mandi

 

Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan kerak di kamar mandi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan cuka, kemudian semprotkan ke bagian noda kerak di kamar mandi. Setelah itu, gosok dengan sikat kamar mandi dan bersihkan dengan air.

Setelah membaca penjelasan di atas, ternyata cuka bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Selain menjadi pembersih alami di rumah, Anda juga bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *