Tips Agar Mesin Cuci Jadi Lebih Hemat Listrik!

Tips Agar Mesin Cuci Jadi Lebih Hemat Listrik!

Saat ini, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menggunakan mesin cuci agar lebih hemat. Penggunaan mesin cuci bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak, karena ditenagai oleh mesin. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menggunakan mesin cuci dengan bijak agar hemat listrik.

Bagi Anda yang ingin menggunakan mesin cuci tanpa menghabiskan banyak listrik, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

Tips Menggunakan Mesin Cuci Agar Hemat Listrik

 

  • Atur Temperatur Mesin Cuci

 

Terdapat beberapa jenis mesin cuci dengan fitur pengaturan suhu saat Anda mencuci dan mengeringkan pakaian. Supaya hemat listrik, Anda harus mengatur suhu mesin cuci sesuai jumlah cucian yang akan dimasukkan.

Selain dapat menghemat listrik, cara ini bisa Anda manfaatkan untuk menjaga serat kain agar tetap lembut dan tidak rusak. 

 

  • Menyesuaikan Kapasitas Air

 

Tentunya, Anda seringkali meninggalkan mesin cuci saat mengisi air. Biasanya, air di dalam mesin cuci akan tumpah karena Anda tidak mematikan keran. Hal itu membuat penggunaan air menjadi tidak efisien.

Jika Anda sering melakukannya, maka tagihan air akan membengkak. Selain itu, kapasitas air yang sedikit juga bisa membuat mesin cuci rusak. Sebab, kurangnya volume air dapat membuat mesin cuci bekerja lebih keras dibanding biasanya. 

Maka dari itu, Anda harus menyesuaikan volume air dan jumlah cuciannya sesuai aturan. Misalnya, volume air lebih banyak dibandingkan jumlah pakaian yang ingin dicuci.

 

  • Pilih Mesin Cuci yang Hemat Listrik

 

Anda dapat memilih mesin cuci yang terbukti bisa menghemat listrik, seperti penggunaan watt kecil dengan hasil pembersihan pakaian yang optimal. Saat ini, sudah ada mesin cuci yang bisa menghemat penggunaan listrik. Jika masih bingung, Anda dapat mencari referensi melalui internet atau bertanya kepada teman.

 

  • Mengatur Durasi Pencucian

 

Jika mesin cuci Anda dapat menghemat listrik, maka harus tetap memperhatikan proses penggunaannya. Salah satunya adalah durasi waktu pencucian. Saat jumlah cucian terlalu banyak, Anda bisa mengurangi durasi pencuciannya. Namun, durasi tersebut harus disesuaikan dengan jumlah pakaian yang dicuci.

Beberapa tips di atas dapat Anda terapkan saat menggunakan mesin cuci. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui bagaimana cara membuat mesin cuci agar hemat listrik. Dengan begitu, tagihan listrik Anda tidak membengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *