5 Cara Mengatasi Genteng Bocor Dengan Styrofoam

5 Cara Mengatasi Genteng Bocor Dengan Styrofoam

Saat musim hujan, pastinya genteng bocor menjadi salah satu permasalahan yang dirasakan oleh setiap orang. Genteng bocor juga membuat para penghuni rumah menjadi tidak nyaman dan terganggu. Selain itu, tetesan airnya juga dapat merusak furniture hingga kondisi rumah.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengganti genteng baru. Sebab, Anda bisa menambal genteng bocor dengan styrofoam. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah caranya:

Mengatasi Genteng Bocor dengan Styrofoam

 

  • Sediakan Kaleng Berukuran Besar

 

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan kaleng berukuran besar. Nantinya, kaleng tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk membuat pasta penambal genteng yang bocor.

 

  • Potong Styrofoam

 

Selanjutnya, potong styrofoam dalam bentuk kecil-kecil. Kemudian, masukkan ke dalam kaleng yang sudah Anda siapkan di atas.

 

  • Tuang Bensin ke dalam Kaleng

 

Tuangkan bensin ke dalam kaleng tersebut. Bensin memiliki fungsi untuk mengubah bentuk styrofoam dari padat menjadi cair. Pastikan juga Anda telah mengaduk campurannya hingga styrofoam benar-benar mencair.

 

  • Haluskan Permukaan Genteng

 

Setelah itu, Anda bisa menghaluskan permukaan genteng dengan ampelas. Sehingga, pori-porinya akan menjadi lebih terbuka. Hal tersebut dilakukan agar pasta styrofoam bisa menempel di genteng dengan kuat.

 

  • Mengoleskan Genteng yang Bocor

 

Anda bisa menggunakan kuas untuk mengoleskan pasta penambal di bagian genteng yang bocor. Namun, cara ini tidak bisa bertahan lama untuk menutup lubang di genteng, yaitu hanya sekitar enam bulan.

Cara Lain Mengatasi Genteng yang Bocor

 

  • Semen Putih

 

Semen putih juga bisa digunakan untuk menambal genteng yang bocor. Semen ini memiliki daya rekat yang lebih baik dibanding semen biasa. Jika menambal genteng bocor dengan semen putih, maka bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun.

 

  • Waterproof

 

Waterproof paling banyak dipilih oleh banyak orang untuk mengatasi genteng yang bocor. Selain harganya terjangkau, pemasangan waterproof juga lebih mudah dan praktis. Anda hanya tinggal mengikuti aturan di kemasan. Daya tahannya sendiri bisa mencapai lima tahun.

Cara mengatasi genteng bocor di atas hanya bisa dilakukan pada genteng yang kondisinya retak, bocor hingga bolong. Jika bocornya cukup besar, Anda harus menggantinya dengan genteng baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *