Fungsi Kayu Untuk Interior dan Eksterior Rumah

Fungsi Kayu Untuk Interior dan Eksterior Rumah

Kayu merupakan salah satu material yang digunakan untuk membangun rumah. Material yang berasal dari alam ini banyak digunakan di setiap bangunan, seperti kafe, kantor, rumah, restoran hingga sekolah. Sejak ribuan tahun lalu, kayu sudah dipakai sebagai material bangunan.

Hingga saat ini, kayu masih menjadi bahan utama yang diperlukan dalam konstruksi bangunan. Bagi Anda yang sedang mencari material bangunan yang bagus, berikut ini adalah kegunaan kayu untuk interior dan eksterior rumah:

Kegunaan Kayu untuk Rumah

Kayu memiliki banyak fungsi untuk interior dan eksterior rumah. Hal itulah yang membuat kayu menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Hasil olahannya pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Berikut adalah kegunaan kayu untuk rumah:

 

  • Bahan atau Material Perabotan Rumah

 

Jika diperhatikan, pastinya ada beberapa perabotan rumah yang terbuat dari bahan kayu. Biasanya, perabotan rumah yang menggunakan bahan kayu adalah kursi, meja, jendela, lemari, dan masih banyak lainnya.

Kayu memiliki sifat yang fleksibel, hal itu membuat material ini dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan. Misalnya, bahan fasad bangunan, rangka untuk atap, furniture, sekat ruangan hingga pelapis lantai.

Sebenarnya, seluruh jenis kayu dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat perabotan rumah. Selama kayu itu memiliki tingkat kekerasan yang baik, maka bisa digunakan untuk membuat perabotan rumah. Selain itu, perabotan rumah menjadi lebih tahan lama dan tidak dimakan oleh rayap.

Perabotan rumah yang terbuat dari kayu paling banyak diminati oleh masyarakat, karena lebih baik dibanding perabotan yang terbuat dari kayu olahan. Furniture berbahan kayu juga membuat tampilan rumah Anda lebih menarik dan elegan.

 

  • Bahan Bangunan

 

Selain menjadi bahan pembuatan perabotan rumah, kayu juga bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Seperti yang diketahui, sebagian besar daerah di Indonesia memiliki rumah adat yang menggunakan bahan kayu.

Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengerjaan yang lebih mudah, memiliki nilai estetika tinggi, dan bobot yang ringan. Dengan menggunakan material kayu, bangunan akan lebih mudah didesain dalam berbagai model. Kayu juga lebih fleksibel dibanding batu bata. Jika terjadi gempa bumi, kayu tidak mudah retak dan tetap berada di kondisi aslinya.

Setelah mengetahui fungsi kayu untuk interior dan eksterior rumah, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Selain fleksibel, rumah Anda akan terlihat elegan dan menarik dengan penggunaan kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *