Kenali Lebih Dalam Soal Plitur Kayu

Kenali Lebih Dalam Soal Plitur Kayu

Kayu menjadi salah satu material penting dalam bangunan. Ada yang menggunakannya sebagai material utama, maupun sebagai bagian furnitur untuk menyempurnakan interior. Tapi tahukah Anda kalau dalam proses pengolahan material kayu, ada peran plitur kayu sebagai cairan yang memberi kesan alami dan tegas pada kayu. Apa sebenarnya plitur kayu dan seperti apa karakter dan fungsinya?

Karakter Dan Fungsi Plitur Kayu

Banyak yang masih sulit membedakan antara plitur kayu dengan pernis, padahal kalau sudah tahu karakternya pasti akan langsung paham. Berikut ini karakter utama dari plitur kayu dan fungsinya dalam dekorasi dan konstruksi.

  1. Bahan Pembuatan

Plitur kayu merupakan sejenis cat yang terbuat dari bahan alami seperti serangga yang punya kandungan resin tinggi, atau tanah jenis oker yang teroksidasi sehingga menghasilkan resin. Sama seperti cat lainnya, plitur kayu juga punya beberapa pilihan warna namun cenderung mengikuti warna kayu alami.

  • Cara Pakai

Untuk menggunakannya, Anda harus mencairkannya terlebih dahulu menggunakan thinner. Sebab plitur yang baru dibeli memiliki tingkat kekentalan tinggi, jadi kalau dipaksakan menggunakan pada permukaan kayu maka hasilnya akan sangat buruk dan tidak rata.

  • Jenis¬†

Ada dua jenis plitur kayu yang sering digunakan, yaitu water based dan solvent based. Keduanya punya karakter bertolak belakang. Water based terbuat dari bahan akami sehingga lebih aman untuk penggunaan di dalam ruangan, sedangkan solvent based yang merupakan campuran resin dan bahan kimia bisa jadi racun berbahaya di tubuh manusia.

  • Bau

Sebelum dicampur dengan thinner, plitur kayu tak memiliki bau menyengat seperti cat atau pernis. Tapi karena penggunaannya harus diencerkan, maka bau menyengat dari thinner jadi masalah yang sering dikeluhkan. Tapi kalau Anda mau meminimalisir bau perpaduan thinner dan plitur kayu, bisa menggunakan bubuk kopi di perlukaan kayu yang akan diolesi plitur kayu.

  • Fungsi

Fungsi utama dari plitur kayu adalah meratakan warna dari kayu yang akan dipakai dalam proses konstruksi atau pembuatan furnitur. Karena resin yang terkandung di dalamnya mampu meleburkan warna kayu sehingga terlihat lebih alami dan indah. Seain itu juga berfungsi untuk menyamarkan bahkan menutup serat kayu yang kadang mengganggu nilai artistik kayu.

Setelah mengetahui karakter dan fungsi dari plitur kayu, tentunya akan sangat memudahkan ketika membutuhkan plitur atau pernis atau cat jenis lainnya. sehingga manfaatnya bagi material kayu yang digunakan jadi semakin sempurna dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *