Perhatikan 7 Hal Ini Agar Rumah Memiliki Konsep Minimalis

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Rumah Memiliki Konsep Minimalis

Rumah minimalis merupakan konsep rumah yang mengedepankan sisi efektif dari seluruh bagian rumah. Dengan rumah minimalis, rumah yang sempit pun akan menjadi lebih luas karena penataan yang efektif dan tepat. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar konsep rumah minimalis bisa terwujud.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mewujudkan Rumah Minimalis

  • Memiliki Bentuk Geometri

Desain rumah minimalis yang mengutamakan prinsip less is more dapat tercermin dari bentuknya yang sangat sederhana. Dilihat dari luar, rumah minimalis kebanyakan memiliki bentuk persegi panjang atau persegi dengan atap yang datar.

  • Memaksimalkan Unsur Fungsi

Meskipun sederhana, rumah minimalis memiliki ruang yang semuanya dibuat berdasarkan fungsi. Ornamen-ornamen yang tidak diperlukan sebaiknya dihindari untuk memaksimalkan fungsi ruangan.

  • Dinding Pembatas yang Sedikit

Dinding pembatas hanya akan memberikan sekat antar ruangan yang memberikan kesan sempit. Dalam rumah minimalis, jarang sekali dijumpai dinding-dinding yang terlalu banyak. Antara ruang satu dengan ruang yang lainnya hanya dipisahkan dengan partisi rak atau meja. 

Namun beberapa ruang tetap mewajibkan adanya pembatas, menyangkut privasi.

  • Dekorasi Seperlunya

Menambahkan banyak hiasan di dalam ruangan hanya akan membuat rumah terlihat sempit dan mengurangi kesan minimalis. Meskipun konsep minimalis tidak melarang penggunaan perabotan dan perlengkapan modern, namun jumlahnya tetap harus dibatasi.

  • Warna Cat Minimalis

Cat yang digunakan dalam konsep rumah minimalis biasanya adalah jenis cat monokrom, yakni hitam, putih, dan abu-abu. Warna-warna tersebut akan memberikan kesan luas pada ruangan minimalis Anda. 

Anda bisa saja menggunakan warna lain, namun sangat disarankan agar memilih warna pastel yang sifatnya lembut.

  • Memaksimalkan Pencahayaan dalam Rumah

Pencahayaan dalam ruangan rumah minimalis lebih dominan menggunakan cahaya alami. Agar cahaya yang masuk tidak mengganggu karena silau, Anda bisa menggunakan kaca film agar cahaya matahari bisa menjadi cahaya alami yang tidak mengganggu.

  • Material Bangunan yang Sederhana namun Tetap Berkualitas

Meskipun material rumah minimalis mudah ditemukan dan sederhana, kualitas material menjadi yang nomor satu. Bangunan yang bagus tidak akan bernilai apa-apa jika kualitasnya rendah akibat memilih bahan bangunan berkualitas rendah.

Rumah minimalis akan memberikan pemiliknya banyak pelajaran di dalamnya, mengenai kesederhanaan, hemat, dan kemanfaatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *