Ingin Rumah Impian Tapi Bujet Pas-Pasan? Ini Tips dan Triknya

Ingin Rumah Impian Tapi Bujet Pas-Pasan? Ini Tips dan Triknya

Budget pas-pasan merupakan salah satu masalah yang terkadang membuat impian menjadi tertunda, termasuk membeli rumah. Ekspektasi rumah yang terlampau jauh dengan kondisi biaya menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. 

Agar tetap bisa memiliki rumah impian di kala kondisi biaya pas-pasan, Anda bisa mengikuti beberapa tips dan trik berikut yang sangat bermanfaat untuk Anda.

Tips Membeli Rumah dengan Biaya Pas-Pasan

  • Meninjau Lokasi

Memilih lokasi rumah memang sangat menentukan harga rumah nantinya. Rumah yang berlokasi di daerah perkotaan akan cenderung berharga mahal karena lokasinya yang strategis. Untuk itu, sebaiknya memilih rumah di daerah yang tidak terlalu dekat dengan pusat kota namun masih dapat terjangkau fasilitas umum.

  • Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Memiliki rumah mewah tidak akan berarti jika Anda kehabisan uang setelah membeli rumah. Selain itu, menunda-nunda pembelian rumah hanya karena Anda ingin menabung lebih banyak hanya akan membuat impian Anda semakin luntur.

Hal ini terjadi sebagai akibat dari kenaikan harga properti yang terjadi setiap tahun seiring bertambahnya penduduk. Solusinya, Anda bisa membeli rumah yang sesuai dengan keuangan dan jangan menunda-nunda.

  • Beli Rumah dengan KPR

Jika keuangan Anda memang sama sekali belum cukup untuk membeli rumah secara kontan, Anda bisa menggunaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Pembelian rumah secara kredit ini akan membantu Anda mendapatkan rumah sebelum terjadi kenaikan harga, namun jangan lupa untuk menghitung suku bunganya beserta uang muka.

  • Periksa Legalitasnya

Rumah tanpa legalitas yang pasti bisa menjadi masalah untuk Anda ke depannya. Mengingat dokumen rumah sangat penting, Anda harus memeriksanya dengan cara memeriksakannya ke BPN, kantor kelurahan, atau kantor kecamatan.

  • Budget Tambahan

Anggaran tambahan sangat penting untuk disisakan karena sangat berguna saat Anda hendak mendekorasi rumah. Saat membeli rumah tentu Anda harus memikirkan perabotan dan isi di dalamnya. Jika uang habis dipakai untuk membeli tanpa menyisakannya, berarti Anda rela tinggal di rumah tanpa furnitur apa-apa.

Memperhatikan beberapa hal di atas bisa membantu Anda dalam mewujudkan rumah impian meski hanya memiliki anggaran biaya yang pas-pasan, tanpa meninggalkan sisi efisien di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *