Tips Tepat Memilih Arsitek untuk Rumah Idaman

Tips Tepat Memilih Arsitek untuk Rumah Idaman

Mendapatkan rumah idaman bisa didapatkan dengan perencanaan awal yang dilakukan dengan matang, salah satunya adalah meminta bantuan arsitek. Namun dalam memilih arsitek sangat disarankan agar selektif, karena tidak semua arsitek dapat mewujudkan impian membangun rumah idaman dengan baik.

Tips Tepat Memilih Arsitek untuk Rumah Idaman

5 Tips Memilih Arsitek yang Tepat

Melihat Portofolionya
Seorang arsitek yang handal dan berpengalaman dapat terlihat dari portofolio yang ia miliki. Lihatlah apakah dalam portofolio tersebut, apakah hasil bangunan rumah yang ia buat berkualitas atau tidak. Anda juga bisa melihat dari jumlah bangunan yang telah ia selesaikan, karena semakin banyak bangunan yang ada dalam portofolio menandakan bahwa ia adalah orang yang berpengalaman.
Jika Anda hendak membangun rumah, maka lihatlah apakah hasil rumah yang pernah ia tangani baik atau tidak sesuai harapan. Jangan memilih arsitek yang jarang atau tidak pernah menangani pembangunan rumah.

Kenali Kepribadiannya
Bekerja sama dengan seorang arsitek bukan hanya pekerjaan yang memakan waktu singkat, tapi bisa sampai berbulan-bulan. Oleh karena itu, sebaiknya memilih seorang arsitek dengan kepribadian yang Anda sukai. Hal ini dikarenakan kerja sama akan berjalan lebih mudah dan lancar jika Anda nyaman dengannya.

Kepribadian arsitek bisa Anda ketahui dengan menemuinya secara langsung serta melihat beberapa postingannya di sosial media.

Tanyakan pada Mantan Kliennya
Menanyakan kinerja arsitek yang Anda inginkan bisa dilakukan dengan bertanya pada mantan klien-kliennya. Hal ini dikarenakan mereka lebih berpengalaman dalam menerima hasil kerja dari sang arsitek, jadi Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai kinerja arsitek tersebut.

Tanyakan Cara Kerja dengan Detail
Tanyakan bagaimana tahapan kerja yang akan arsitek tersebut jalankan, mulai kapan dan sampai kapan pengerjaan bisa berlangsung, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Tanyakan secara detail hal apa saja yang belum Anda mengerti. Jika semua cocok maka Anda bisa melakukan kerja sama dengannya.

Kecocokan/Chemistry
Setelah beberapa teknis Anda jalankan, pada akhirnya kecocokanlah yang akan menyatukan antara Anda dan sang arsitek. Chemistry merupakan hal yang terpenting karena tanpa adanya kecocokan maka kerja sama tidak bisa dilakukan.

Bekerja sama dengan arsitek tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu pertimbangan yang matang, karena menyangkut untung-rugi dan puas-tidak puas yang akan Anda dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *