Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-Ruginya

Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-Ruginya

Menanam banyak pohon di rumah memberikan kesegaran di lingkungan tempat tinggal. Rumah juga menjadi tampak lebih rindang dipandang. Namun bagi Anda yang ingin menanam banyak pohon di rumah, harus mengetahui keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan. Jangan sampai keputusan menanam banyak pohon menjadi keputusan yang salah dan Anda menyesal ke depannya.

Keuntungan dan Kerugian Banyak Pohon di Rumah

  • Udara lingkungan rumah menjadi lebih sejuk

Dikarenakan pepohonan menghasilkan banyak oksigen dalam proses fotosintesis yang dilakukannya, maka lingkungan yang terdapat banyak pohon dijamin lebih sejuk dan asri. Cahaya matahari akan dihalau oleh dedaunan yang menjadikan rumah terlihat lebih adem dan asri.

  • Mencegah banjir datang

Akar pohon yang kuat akan mampu menghalau air besar yang datang saat musim penghujan tiba, sehingga banjir dapat ditanggulangi. Terlebih jika pohon yang ditanam berjumlah banyak, maka risiko banjir datang menjadi lebih kecil.

  • Mengatasi polusi udara

Pohon-pohon akan menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan oleh asap kendaraan dan meminimalisir adanya polusi udara. Seperti yang diketahui bahwa udara yang terkena polusi dapat membahayakan alat pernapasan.

  • Sebagai sumber pangan dan pemasukan

Menanam pohon yang berbuah dapat menguntungkan Anda karena dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Seperti buah mangga, Anda bisa menjadikannya sebagai konsumsi keluarga dan juga bisa dijual untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

  • Perawatan khusus

Agar pohon dapat tumbuh dengan baik dan lingkungan rumah tetap bersih, Anda harus rutin merawatnya, seperti menyiramnya hingga membersihkan ranting dan daun kering yang berguguran. Kegiatan tersebut tentu memakan waktu dan tenaga Anda.

  • Risiko hewan liar bersarang

Burung-burung yang bersarang di pohon memang tidak mengganggu, namun bagaimana jika hewan yang bersarang di pohon-pohon besar rumah Anda adalah ular dan lebah? Tentu sangat menakutkan bagi siapa saja.

  • Merusak pondasi rumah

Akar pohon yang besar dan kuat bisa menyebabkan kerusakan pada pondasi rumah. Untuk itu, Anda perlu menanam pohon di lokasi yang sedikit lebih jauh dari bangunan rumah, minimal dengan jarak 1-2 meter dari lokasi.

Sebenarnya menanam pohon di rumah tidak akan jadi masalah jika Anda tepat dalam memilih pohon sesuai lahan rumah Anda. Jangan menanam pohon yang bisa tumbuh membesar jika lahan rumah Anda sempit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *