Siapa Bilang Milenial Sulit Punya Rumah? Coba Cara Ini

Siapa Bilang Milenial Sulit Punya Rumah? Coba Cara Ini

Pertambahan penduduk yang kian meningkat serta jumlah lahan kosong yang tersedia tidak cukup menampung, membuat generasi milenial terancam akan sulit untuk mendapatkan hunian. Terlebih mencari pekerjaan yang kian sulit dengan tingginya persaingan di dunia kerja, membuat hal ini menjadi semakin menakutkan.

Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan rumah di era milenial ini.

Cara Mendapatkan Rumah bagi Generasi Milenial

  • Menabung untuk DP

Kesulitan kaum milenial dalam mendapatkan rumah adalah tidak memiliki DP untuk membeli rumah secara kredit. Sebenarnya kesulitan ini bisa diatasi jika Anda mau menabung sedikit demi sedikit untuk DP rumah.

Prioritaskan rumah sebagai investasi jangka panjang dibandingkan menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

  • Membeli Apartemen

Dibandingkan dengan membeli rumah yang harganya kian melonjak dari tahun ke tahun, membeli apartemen jauh lebih murah. Anda bisa membelinya mulai dari kisaran harga Rp300 juta per unitnya. Rata-rata apartemen juga memiliki lokasi yang terjangkau akses transportasi umum.

  • Ambil KPR Bertenor Panjang

Generasi milenial yang sulit dalam mencicil pinjaman bisa menggunakan KPR dengan tenor yang memiliki jangka waktu panjang. Saat ini, masa tenor dari pinjaman KPR bank adalah 25 tahun dan hal ini sangat menguntungkan bagi kaum muda yang baru bekerja.

Anda yang berumur di bawah 30 tahun pun bisa memanfaatkan adanya jangka waktu panjang ini untuk mencicil hunian masa depan.

  • Program Cicilan DP

Uang muka yang tak kunjung terkumpul bisa diinisiasi dengan mengambil program cicil DP. Jadi, Anda akan mencicil DP selama tenggang waktu yang diberikan oleh pengembang sebelum akhirnya mengajukan kredit ke bank. Namun harus Anda ketahui bahwa harga beli dengan cara ini lebih mahal.

Keuntungan dari program ini adalah Anda akan mendapatkan harga tetap, karena harga beli yang Anda dapatkan setelah DP lunas akan sama dengan harga beli di awal pengambilan. Dengan begitu, lonjakan harga di masa mendatang dapat Anda atasi. 

Membeli rumah secara kredit berarti Anda harus siap berurusan dengan bank dan suku bunga. Untuk itu, selalu prioritaskan untuk menyisihkan penghasilan agar Anda tidak terlilit dengan hutang kredit rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *