Tips Beli Rumah Bekas Dengan Cara KPR

Tips Beli Rumah Bekas Dengan Cara KPR

Membeli rumah dengan KPR memang sangat membantu di kala kondisi keuangan belum cukup untuk membeli sebuah rumah. Tak hanya rumah baru, membeli rumah bekas menggunakan KPR pun bisa menjadi langkah alternatif bagi Anda. Untuk Anda yang ingin membeli rumah bekas dengan cara KPR, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan.

Tips Beli Rumah Bekas dengan Cara KPR

Tips Membeli Rumah Bekas dengan KPR

  • Pertimbangkan Lokasi

Sebelum membeli rumah bekas, sebaiknya Anda mempertimbangkan lokasi rumah terlebih dahulu. Lokasi rumah haruslah dekat dengan sarana transportasi untuk memudahkan akses Anda menuju tempat bekerja. 

Jangan sampai Anda harus menempuh jarak jauh hanya untuk mendapatkan transportasi, karena akan sangat merugikan.

  • Cek Kondisi Lingkungan

Membeli rumah di lokasi tertentu berarti Anda juga siap untuk berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan rumah Anda. Untuk itu, alangkah lebih baiknya agar Anda mengecek kondisi lingkungan, apakah rawan banjir atau tidak.

Selain itu, jangan membeli rumah di lokasi yang masyarakatnya memiliki pola hidup kurang baik, atau tingkat keamanan yang rendah.

  • Perhatikan Kualitas dan Usia Bangunan

Membeli rumah bekas sama halnya dengan membeli baju bekas, jika Anda tidak mampu memeriksa kondisinya akan sangat merugikan. Tentu Anda tidak mau jika mendapatkan rumah tua dengan kondisi material bangunan yang sudah rapuh, bukan?

Untuk itu, selalu cek kondisi dan kualitas rumah bekas sebelum membelinya.

  • Cari Tahu Harga Pasaran

Agar Anda mendapatkan kelayakan harga untuk rumah bekas yang dibeli, carilah tahu berapa harga pasarannya. Anda bisa menghitungnya berdasarkan nilai pasar atau bertanya langsung kepada kontraktor setelah menghitung luas bangunan dan kondisi rumah.

Dengan cara tersebut, Anda dapat menaksir berapa kisaran harga yang layak untuk rumah bekas tersebut.

  • Cek Legalitas

Sebelum fiks membeli rumah bekas, cari tahu dahulu mengenai SHM, IMB, serta riwayat pembayaran pajak rumah tersebut. Jangan sungkan untuk bertanya jika terdapat perbedaan nama antara penjual dengan pemilik rumah.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan proses balik nama yang di dalamnya melibatkan pemilik rumah sebelumnya.

Membeli rumah bekas memang berisiko, namun jika Anda cermat dan berhati-hati dalam setiap langkahnya, Anda dapat menghindari risiko kerugian

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *