Bergaji Rp 5 Juta dan Ingin Punya Rumah, Begini Caranya

Bergaji Rp 5 Juta dan Ingin Punya Rumah, Begini Caranya

Gaji pas-pasan memang menyulitkan kita dalam membangun rumah impian, terlebih kebutuhan sehari-hari harus terpenuhi setiap harinya. Bagi Anda yang memiliki gaji Rp5 juta setiap bulannya, memiliki rumah impian bukan hal yang tidak mungkin untuk diwujudkan. 

Berikut beberapa tips membeli rumah gaji Rp5 juta yang bisa Anda simak.

Cara Punya Rumah dengan Gaji Rp 5 Juta

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Mengutamakan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan sangat membantu Anda untuk mewujudkan impian memiliki rumah. Selalu prioritaskan tipe dan fungsi rumah sesuai kebutuhan agar rumah yang Anda beli nyaman dan pas.

Anda bisa memulainya dengan menghitung jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut untuk menghitung perkiraan luas rumah yang dibutuhkan.

  • Hitung Pengeluaran Bulanan

Menghitung pengeluaran bulanan sangat penting agar Anda bisa mengontrol pengeluaran. Selalu catat dan evaluasi pengeluaran Anda sekecil apapun setiap bulannya. Jika Anda menemukan bahwa pengeluaran bulanan semakin naik, perhatikan bagaimana cara uang dihabiskan. 

Kurangi apa yang tidak perlu, dan hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan karena Anda harus ingat bahwa sekarang Anda sedang menyisihkan dana untuk membeli rumah.

  • Siapkan Uang Muka

Bercita-cita ingin punya rumah berarti Anda harus siap untuk menyisihkan sebagian gaji Anda untuk mencicil uang muka. Uang muka sangat penting, karena tanpa adanya uang muka pembelian rumah tidak bisa dilakukan.

Sangat disarankan bagi Anda agar memiliki rekening khusus yang digunakan untuk menabung biaya pembelian rumah. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah dalam mengamankan uang, mengontrolnya, dan bisa konsisten dalam menabung.

  • Survei Rumah

Survei rumah dilakukan ketika Anda sudah menghitung luas rumah yang diperlukan sebelumnya. Tak ada salahnya untuk bertanya mengenai harga rumah saat ini agar Anda lebih siap ke depannya. Dengan mengetahui harga rumah, Anda juga akan mendapatkan motivasi untuk giat menabung lebih besar.

Sesuaikan juga dengan lokasi yang Anda inginkan serta jangan ragu untuk bertanya dengan developer terpercaya dan berpengalaman.

Menabung adalah kunci semuanya  bisa terwujud, tanpa adanya niat menabung Anda akan sangat sulit mendapatkan rumah, melihat gaji yang tidak terlalu besar per bulannya. Selalu prioritaskan kebutuhan di atas kepentingan, agar uang Anda tidak sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *