Ini Tips Memilih Pintu Rumah Kuat dan Tahan Lama

Ini Tips Memilih Pintu Rumah Kuat dan Tahan Lama

Pintu rumah sebagai akses masuk pertama kali merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membangun rumah. Kini sudah banyak para penjual pintu yang sudah siap untuk digunakan dengan berbagai macam bahan asalnya, mulai dari kayu hingga besi. Namun sering kali karena sembarangan memilih pintu, pintu yang dipilih terkadang tidak kuat dan gampang keropos.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menyimak beberapa tips dalam memilih pintu rumah yang akan dijelaskan berikut ini.

Ini Tips Memilih Pintu Rumah Kuat dan Tahan Lama

Tips Memilih Pintu Rumah yang Kuat dan Awet

  • Pilih Jenis Kayu

Sering kali faktor jenis kayu mempengaruhi kualitas dari pintu rumah yang dipilih. Kayu jati merupakan bahan kayu yang sangat bagus untuk dijadikan bahan pembuat pintu rumah. Selain itu, kayu jati juga memiliki tampilan yang lebih elegan saat sudah melalui tahap finishing. 

Kayu lain juga bisa digunakan, seperti kayu merbau, kayu meranti, atau kayu kamper. Kayu-kayu tersebut memiliki kadar air dan tingkat kekeringan yang bagus.

  • Sesuaikan dengan Posisi

Memilih pintu juga tak lepas dari sisi keamanan yang harus diutamakan. Jangan sampai pintu yang dipilih justru rentan kebobolan maling karena memiliki sistem keamanan yang buruk. Untuk itu, sesuaikanlah bahan kayu atau jenis pintu yang digunakan untuk posisi tertentu.

Pintu rumah bagian depan sebagai pintu masuk utama haruslah menggunakan pintu dari bahan yang kuat dibandingkan dengan pintu di posisi yang lainnya. Selain itu, bahan pintu juga dibuat dari bahan yang tidak mudah dibobol.

  • Tanyakan pada Ahlinya

Jika Anda bukanlah orang yang pandai dalam mengamati furnitur dan bahan bangunan, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya mengenai pintu yang akan Anda beli. Tanyakan apakah pintu dengan bahan tertentu tepat jika diletakkan di bagian rumah tertentu.

Tukang adalah orang yang telah bergelut sejak lama dengan bahan-bahan tersebut dan pastinya mereka juga sudah ahli dalam mengetahui bahan mana yang pas untuk pintu agar tahan lama dan kuat.

Memilih pintu rumah butuh kejelian, untuk itu baik bagi Anda agar tidak tergesa-gesa saat membeli pintu. Pertimbangkan beberapa tips di atas agar Anda bisa mendapatkan pintu yang awet dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *