Siapa Bilang Freelancer Tak Bisa Ambil KPR? Ikuti 6 Tips Jitunya!

Siapa Bilang Freelancer Tak Bisa Ambil KPR? Ikuti 6 Tips Jitunya!

Freelancer merupakan pekerja lepas dengan pekerjaan yang tidak terikat tempat dan waktu. Freelancer ini biasanya dijalani oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan pekerjaan utamanya. Namun kesulitan yang sering dijumpai oleh para freelancer adalah tidak bisa mengambil KPR untuk membeli rumah karena tidak memiliki slip gaji.

Ada beberapa tips jitu yang bisa Anda coba untuk mengajukan KPR di bank. Simaks tips-tipsnya berikut ini.

Tips Jitu untuk Freelancer yang Ingin Ambil KPR

  • Serahkan Portofolio Pekerjaan Anda

Karena Anda tidak memiliki slip gaji, sertakan portofolio agar pihak bank lebih yakin pada Anda. Semakin banyak orang yang menggunakan jasa Anda, maka semakin besar peluang Anda. Jangan lupa sertakan juga bukti honor yang Anda dapatkan agar bank mengetahui besaran pendapatan Anda.

  • Pastikan Anda Bebas Riwayat Kredit Bermasalah

Mengingat nominal cicilan KPR yang cukup banyak, pihak bank tidak akan mau mengambil risiko peminjaman dengan orang yang bermasalah dengan kredit. Untuk itu, pastikan Anda bebas dari kredit sebelum mengajukan KPR.

  • Jadikan Rata-Rata Penghasilan sebagai Patokan Harga

Rata-rata penghasilan sebaiknya Anda jadikan patokan dalam menetapkan harga rumah yang ingin dibeli. Selain nantinya Anda bisa kewalahan mencicil karena pendapatan yang tidak cukup, pihak bank juga tidak akan memberikan kredit jika rumah yang akan Anda ambil terlalu mahal.

  • Siapkan Uang Muka

Pihak bank akan lebih yakin memberikan KPR jika Anda sudah mantap dengan memiliki uang muka. Dengan begitu, Anda juga lebih mudah karena tidak perlu mencari pinjaman untuk melunasi uang muka rumah baru Anda.

  • Pendapatan Lebih Besar dari Cicilan

Dalam memutuskan apakah Anda layak untuk menerima KPR, pihak bank pasti akan mempertimbangkannya dengan gaji yang Anda dapatkan. Mereka akan setuju jika pendapatan Anda dirasa cukup.

  • Jangan Ambil KPR saat Masih Memiliki Tanggungan Kredit Lain

Saat Anda memutuskan untuk mengambil KPR, jangan sampai Anda terbebani karena masih memiliki tanggungan kredit yang lain. Dengan begitu Anda bisa memfokuskan pendapatan untuk melunasi cicilan KPR yang Anda ambil.

Menjadi freelancer tidak berarti Anda tidak berkesempatan untuk memperoleh KPR. Butuh sedikit trik untuk meloloskan diri dari keraguan pihak bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *