Penyebab Bel Rumah Rusak dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Bel Rumah Rusak dan Cara Memperbaikinya

Bel rumah menjadi bagian penting dalam sebuah bangunan rumah yang digunakan sebagai pertanda adanya tamu yang datang ke rumah. Namun sering kali bel rumah mudah rusak tanpa diketahui penyebab pastinya. Jika bel yang dipasang sudah lama, mungkin kerusakannya masih wajar karena sudah usang, namun bagaimana jika bel dalam kondisi baru.

Tak harus membeli bel baru untuk menggantinya, asalkan Anda tahu apa penyebabnya maka Anda akan tahu juga cara memperbaikinya. Perbaikan perlu dilakukan segera sebelum kerusakan semakin parah dan menjadikan bel tidak bisa diperbaiki lagi karena mengalami kerusakan total.

Penyebab Bel Rusak dan Cara Memperbaikinya

  • Kabel Tidak Terhubung dan Piston Usang

Kabel yang tidak terhubung ke terminal unit bel mungkin menjadi penyebab bel tidak berbunyi. Solusinya, Anda harus memeriksa sambungannya kemudian bersihkan sambungan listrik dengan amplas.

Piston yang sudah usang juga bisa menjadi penyebab bel rusak. Namun jangan melumuri minyak pada bagian bel agar komponen piston tidak rusak.

  • Kabel Putus

Jika beberapa masalah sebelumnya telah dicek namun tidak ada hasil, mungkin Anda harus mengecek apakah ada kabel yang putus atau tidak. Kabel yang terputus bisa ditangani dengan mengupas pembungkus ujung kabel, lalu sambung dengan kabel yang sesuai.

  • Ada Bagian yang Terbakar

Saat mengecek apakah ada bagian yang terbakar, sebelumnya Anda harus mematikan aliran listrik agar lebih aman. Setelah itu cek trafo untuk mengecek arus listrik yang terhubung dengan sistem. Cek semua kabel yang terhubung satu dengan lainnya serta aman untuk bel, trafo, sampai bagian tombol.

  • Tombol Rusak

Tombol merupakan bagian penting pada bel rumah yang tidak boleh rusak. Tanpa adanya tombol, bel rumah tidak bisa dibunyikan. Adanya kerusakan bel di rumah Anda mungkin disebabkan karena adanya tombol yang rusak, karena memang bagian ini yang mudah sekali mengalami kerusakan.

Jika tombol bel rumah mengalami kemacetan saat dipencet, segera lepas sekrup yang terdapat pada tombol bel. Setelah sekrup terlepas, tarik tombol ke arah luar dengan hati-hati, jangan sampai patah.

Berbekal pengetahuan sederhana, Anda bisa lebih hidup hemat, salah satunya dalam hal sepele seperti memperbaiki bel rumah yang rusak. Untuk itu, perkayalah diri dengan pengetahuan, banyaklah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *