Mau Rumah Sejuk Tanpa AC? Ini Caranya

Mau Rumah Sejuk Tanpa AC? Ini Caranya

Rumah sejuk memang sangat nyaman untuk ditinggali, terlebih di saat cuaca di luar panas. Namun untuk mendapatkan rumah sejuk biasanya Anda harus memasang AC terlebih dahulu. Penggunaan AC terkadang memakan listrik yang boros dan kurang ramah lingkungan. 

Beberapa tips berikut bisa Anda coba jika menginginkan rumah sejuk tanpa harus memasang pendingin ruangan seperti AC.

Mau Rumah Sejuk Tanpa AC Ini Caranya

Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

  • Memasang Plafon Lebih Tinggi

Pemasangan plafon yang tinggi akan membuat ruangan di rumah Anda terasa lebih luas dan tidak sumpek, sehingga udara yang masuk lebih segar dan ruangan menjadi lebih sejuk. Ruangan dengan plafon tinggi juga terlihat jauh lebih luas dan lega.

  • Cross Ventilation

Penting untuk memasang ventilasi di rumah agar udara bisa masuk ke dalam ruangan dan memberikan kesejukan. Salah satu ventilasi yang bisa digunakan adalah ventilasi silang/cross ventilation.

  • Pakai Dinding Styrofoam

Struktur styrofoam yang tidak bisa menyerap panas bisa Anda jadikan solusi untuk membuat ruangan rumah lebih sejuk meski tidak ada AC.

  • Turbin Ventilator

Sirip-sirip yang melengkapi turbin ventilator bisa menangkap angin dan mengalirkannya ke dalam ruangan. Dengan memasangnya di bagian atap rumah, sirkulasi di dalam ruangan Anda akan menjadi lebih baik.

  • Pakai Kaca Film

Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan memang menjadikan ruangan terasa panas. Panas matahari yang masuk ini bisa ditolak dengan memasang kaca film di rumah. Meskipun menolak panas, sinar matahari tetap bisa masuk.

  • Perbanyak Tanaman

Tanaman memang ahlinya dalam memberikan kesejukan di rumah. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam banyak tanaman penghasil oksigen, Anda bisa menempatkan tanaman di dalam rumah atau menanam tanaman merambat. 

Dengan begitu, selain rumah terlihat lebih asri, udaranya juga benar-benar sejuk dan menyegarkan.

  • Bukaan yang Cukup

Jika rumah Anda sudah terlanjur dipasangi plafon rendah, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan membuat bukaan yang cukup. Dengan bukaan tersebut udara lebih mudah masuk dan lebih alami, sehingga rumah terasa lebih sejuk.

Melalui beberapa tips di atas, bisa dilihat bahwa yang paling penting dari membuat rumah terasa sejuk adalah membiarkan udara masuk dan menolak panas matahari yang masuk ke dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *