5 Tips Hemat Membangun Rumah dari Nol

5 Tips Hemat Membangun Rumah dari Nol

Anda punya lahan/tanah kosong yang ingin dijadikan rumah? Tapi bingung mau mulai dari mana? Takut pengeluaran pembuatan rumah dari nol ternyata sangat besar? Jika Anda memikirkan hal tersebut, jangan bingung! Ternyata ada tips dan kiat-kiat tertentu yang bisa membantu menekan budget ketika Anda membuat rumah dari nol lho. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Hemat Membangun Rumah dari Awal

  1. Jangan Lupa Buat Perencanaan Bangunan

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak anggaran dalam membangun rumah, tentunya Anda harus merencanakan dari awal. Perencanaan awal ini akan berfungsi sebagai pegangan atau pengendali. Pembangunan yang tidak sesuai rencana, atau plin-plan di tengah jalan, tentu saja akan berimbas pada biaya pengeluaran.

  1. Low Budget? Tipe Minimalis Saja!

Mencari rumah yang low budget? Anda bisa menggunakan desain rumah tipe minimalis. Sesuai dengan namanya ‘minimal’ rumah jenis ini tidak terlalu besar, namun tetap terkesan modern dan mewah. Ukurannya yang tidak terlalu besar tentu akan menekan pengeluaran Anda.

  1. Tidak Perlu Menggunakan Jasa Arsitek

Di era digital ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gambaran desain rumah. Anda tidak perlu mahal-mahal menyewa jasa arsitek. Cukup ketikkan desain yang diinginkan di google, informasi yang Anda butuhkan akan bisa diakses dalam waktu kurang dari 5 menit.

  1. Catat dan Riset Harga Bahan Bangunan

Membuat rumah dari nol, itu berarti mengharuskan Anda mengatur semua bahan bangunan untuk pembangunan rumah. Catat dan risetlah harga bahan bangunan dari mulai batu bata, pasir, beton, semen, dan lainnya. Jika bisa, bandingkan harga-harga tersebut dari beberapa toko. Pilihlah tokon bangunan yang tidak hanya murah, namun juga berkualitas.

  1. Pilihlah Jasa Bangunan/Tukang yang Kompeten

Selain bahan bangunan, Anda juga harus mempersiapkan juru atau tukang bangunan yang kompeten. Ingat, tukang bangunan yang kompeten akan sangat berperan penting dalam pembangunan rumah. Bandingkan harga jasa tukang bangunan satu dengan lainnya, pilihlah jasa tukang dengan pengalaman yang mumpuni.

Tidak ada kata tidak mungkin untuk Anda yang ingin membangun rumah impian mulai dari nol. Jika Anda berusaha dan merencanakan dengan matang, yakinlah bahwa budget/pembiayaan juga tidak akan keluar terlalu besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *