4 Tips Agar Tanaman Tetap Tumbuh Meski Ditinggal Jauh

4 Tips Agar Tanaman Tetap Tumbuh Meski Ditinggal Jauh

Bagi pecinta tanaman, akan terasa sangat menyedihkan jika Anda meninggalkan tanaman di rumah karena harus pergi ke luar kota dalam waktu yang cukup lama. Pasti ada saja hal-hal yang dikhawatirkan, salah satunya khawatir tanamannya menjadi layu

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Ternyata, ada beberapa tips dan kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk mempertahankan tanaman tersebut tetap tumbuh meskipun ditinggal jauh. Penasaran? Simak tipsnya di bawah ini.

4 Tips Ampuh Menjaga Tanaman Tetap Tumbuh 

  1. Rendam dengan Air

Pergi selama 1 atau 2 minggu? Anda bisa merendam tanaman sebelm bepergian. Caranya rendam tanaman dengan air, kemudian tunggu hingga pot cukup kering. Jangan sampai komposisi air yang Anda berikan terlalu banyak, karena itu bisa menyebabkan tanaman menjadi layu dan mati. 

  1. Simpan di Tempat yang Cukup Teduh

Tanaman memang membutuhkan banyak sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Tapi tidak jika Anda akan bepergian jauh dan meninggalkannya. Mengapa demikian? Jika Anda tidak di rumah, tentu saja tidak akan ada yang menyiram tanaman setiap pagi bukan? Jika tanaman dibiarkan di tempat terbuka, maka daun dan bunga nya akan menjadi kering dan kasar. 

  1. Hindari Pemberian Pupuk Pada Tanaman

Ada baiknya jika tidak memberi pupuk jika tanaman akan ditinggal dalam waktu yang lama. Pupuk memang akan mempercepat laju pertumbuhan menjadi lebih cepat. Selama melakukan pertumbuhan, tentunya tanaman juga membutuhkan banyak nutrisi lainnya. Sedangkan, jika Anda tidak di rumah, siapa yang akan mengurus tanaman tersebut?

  1. Atur Suhu Rumah

Jika bisa, aturlah suhu yang ada dalam rumah. Jangan biarkan rumah menjadi panas dengan jendela yang trbuka cukup lebar. Hal itu akan membuat jaringan tanaman rusak. Tanaman akan sangat menyukai suhu yang stabil (tidak panas ataupun dingin, namun itu kembali lagi pada jenis tanaman apa yang Anda tanam).

Kiat-kiat di atas bisa Anda tiru jika Anda berencana untuk bepergian dalam waktu yang lama sekitar 1-2 minggu. Namun, ada baiknya juga jika Anda meminta tolong pada teman atau kerabat untuk mengurus tanaman tersebut ketika Anda sedang jauh dari rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *