Cara Merawat AC Bebas Dari Penyakit

Cara Merawat AC Bebas Dari Penyakit

Saat kondisi cuaca di luar sedang panas-panasnya, berada di dalam ruangan ber-AC bisa menjadi solusi yang ampuh untuk mengatasi rasa gerah. Agar udara yang dihasilkan oleh AC tetap segar dan sehat, Anda perlu membersihkannya secara berkala. Hal ini diperlukan untuk mencegah AC Anda menjadi sarang debu dan penyakit. Untuk itu, simak cara merawat AC dengan baik seperti berikut.

Cara Merawat AC Agar Bebas Penyakit

Memastikan agar udara yang dihasilkan oleh AC tetap sehat, bisa Anda lakukan dengan rutin membersihkannya dalam kurun waktu tertentu. Selain berpotensi menyimpan debu yang kotor, AC juga bisa menjadi sarang penyakit yang berasal dari kuman. Kuman tersebut bisa masuk ke tubuh kita sehat terhirup. Maka dari itu, lakukan beberapa cara perawatan AC berikut ini agar tetap sehat:

  1. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu peralatan tempur yang digunakan untuk membongkar bagian bagian pada AC, seperti obeng, sikat/kuas kecil, kemoceng, lap, vacuum cleaner, larutan pembersih, air dan sarung tangan. 
  2. Bersihkan filter pada AC dengan cara membuka bagian penutupnya terlebih dahulu dengan obeng. 
  3. Bersihkan filter menggunakan sikat/kuas kecil, lap, vacuum cleaner atau kemoceng. Pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan. Untuk debu-debu yang basah bisa dibersihkan dengan kain lap yang sudah ditambahkan sedikit air.
  4. Jika filter bisa dilepas, Anda juga bisa membersihkannya dengan cara direndam ke dalam larutan pembersih untuk menghilangkan jamur dan berbagai kuman yang menempel.
  5. Saat direndam, Anda bisa membersihkannya dengan sikat/kuas kecil secara perlahan agar kotoran yang menempel bisa hilang dan filter juga tidak rusak.
  6. Setelah selesai, diamkan beberapa saat hingga filter sudah agak kering.
  7. Tempatkan filter AC tersebut sesuai posisinya. Anda harus memastikan bahwa semua komponen yang menyertainya juga sudah terpasang dengan baik.
  8. Selanjutnya, bagian yang harus dibersihkan adalah casing/penutupnya. Anda bisa menggunakan lap yang kering untuk melakukannya.
  9. Pastikan setiap sudut dari casing tersebut sudah dibersihkan dengan lap. Karena bagian ini juga sering dijumpai kotoran yang masih menempel.
  10. Pasang kembali penutup ke tempat semula. Nyalakan AC dan coba rasakan udara yang dikeluarkan akan terasa dingin dan segar.

Dengan kondisi AC yang bersih di bagian dalam maupun luarnya, tentu kualitas udara yang dihasilkan akan lebih segar dan sehat. Tidak ada kesempatan bagi debu dan kuman yang menempel pada AC. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *