Musim Hujan, Jangan Lupa Bersihkan Talang

Musim Hujan, Jangan Lupa Bersihkan Talang

Semua komponen dalam rumah, tentunya memiliki masing-masing fungsi. Salah satu komponen rumah yang paling penting adalah talang air. Jangan salah! Talang air akan sangat berfungsi ketika hujan, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang rawan hujan dan banjir. Talang akan membantu aliran air hujan sehingga tidak menggenangi atap rumah. 

Cara kerja talang air ini cukup simpel, dimana ketika air hujan tertampung dalam atap, akan dialirkan menuju tempat pembuangan yang sudah didesain sedemikian rupa oleh si pembuat. Biasanya, talang terletak pada tepi dinding atau terdapat pada pertemuan bidang atap. Lalu, bagaimana cara membersihkan talang?

4 Cara Membersihkan Talang Air, Anti Tersumbat

  1. Gunakan Pakaian Kerja

Mengingat membersihkan talang adalah pekerjaan yang cukup ‘kotor’ dan materialnya yang keras, tentu Anda harus mempersiapkan pakaian yang pas. Gunakanlah pakaian kerja dan sarung tangan karet yang cukup kuat. Sarung tangan karet akan melindungi tangan Anda dari benda tajam yang ada pada talang. Gunakan juga baju kerja dengan lengan panjang. Jika bisa, gunakan juga pelindung mata dan masker.

  1. Gunakan Tangga

Karena letak talang air yang berada pada bagian atap, tentunya Anda akan membutuhkan tangga untuk membersihkannya. Sandarkan tangga ke dinding rumah dengan kuat, pastikan pegangannya aman sehingga tidak akan membahayakan. 

  1. Kaitkan Ember pada Anak Tangga

Ember disini mempunyai fungsi sebagai tempat sampah ketika Anda membuang kotoran atau sumbatan yang ada pada talang air. Dari pada embernya disimpan di bawah, akan sangat memudahkan jika ember tersebut dikaitkan pada tangga bukan?

  1. Mulai Membersihkan dengan Hati-hati

Setelah semua peralatan siap, kini saatnya Anda membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pada talang menggunakan tangan. Kotoran tersebut kemudian Anda buang pada tempat sampah yang sudah dikaitkan sebelumnya. Anda juga bisa membawa sekop kecil sebagai alat bantu pembersihan talang. 

Empat cara pembersihan talang air di rumah yang sudah dijelaskan di atas tentunya bisa Anda tiru di rumah. Sebagai saran saja, sebaiknya mintalah bantuan pada seseorang untuk memegangi tangga yang disenderkan pada dinding agar semakin aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *