Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Rumah Seken

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Rumah Seken

Memiliki hunian sendiri adalah impian dari banyak pasangan yang sudah menikah. Namun, bagi sebagian orang, memiliki rumah bukanlah perkara yang mudah. Hal itu lantaran harganya yang sangat mahal dan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Alhasil, banyak orang yang akkhirnya memilih untuk membeli rumah seken dibanding harus membangun rumah baru.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Seken

Meskipun bekas pakai, rumah seken tetap memiliki beberapa keunggulan dibanding rumah baru. Beberapa diantaranya adalah lingkungan yang lebih mapan, harga yang ditawarkan lebih bervariasi, serta sudah siap untuk dihuni. Jika Anda memiliki rencana untuk membeli rumah seken, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

 

  • Lakukan Survei Lapangan

 

Survei dilakukan untuk mempertimbangkan lokasi, kondisi rumah dan sekitarnya, harga dan juga fasilitas yang diberikan. Jika perlu, lakukanlah survei sebanyak dua kali. Pada kunjungan kedua, cek berbagai sudut rumah secara lebih detail agar tidak tertipu setelahnya.

 

  • Periksa Kondisi Rumah

 

Harga sebuah rumah ditentukan oleh kondisi fisik rumah tersebut. Maka dari itu, periksa hal-hal seperti sumber air, kondisi kelistrikan dan juga layout rumah. Jangan mudah terbuai oleh tampilan luar bangunan dan coba hitung usia efektif dari bangunan tersebut.

 

  • Periksa Kelengkapan Surat

 

Periksalah kelengkapan surat yang disediakan. Mulai dari SHM (Surat Hak Milik), IMB (Izin Mendirikan Bangunan), serta sertifikat rumah dan tanah. Anda juga harus memastikan bahwa nama yang tertera pada surat-surat tersebut sama.

 

  • Minta Bantuan Agen Properti

 

Meskipun lebih menguntungkan jika membeli rumah tanpa adanya agen properti, jasa mereka tetap perlu dilibatkan. Seorang agen properti sudah cukup bepengalaman untuk menangani hal-hal terkait usia bangunan, negosiasi harga, hingga urusan legalitas.

 

  • Membandingkan Harga

 

Saat ingin membeli rumah, Anda bisa memilih setidaknya 3 calon rumah yang akan dibeli. Bandingkan kelebihan dan kekurangan dari ketiganya dan pertimbangkan lagi setelah mengetahui harganya. 

 

  • Perkirakan Biaya Renovasi

 

Meskipun sedikit, renovasi rumah khususnya rumah seken terkadang perlu untuk dilakukan. Hal itu dilakukan agar rumah bisa berfungsi secara maksimal. Pertimbangkanlah hal ini sehingga saat rumah membutuhkan renovasi, uang yang harus dikeluarkan bisa terkontrol.

Jika Anda sudah yakin untuk membeli rumah seken, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal di atas. Selain bisa menghindarkan diri Anda dari penipuan, beberapa hal di atas juga dapat memaksimalkan pilihan rumah Anda nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *