Lakukan 5 Hal Ini, Kasur Anda Dijamin Bebas Penyakit

Lakukan 5 Hal Ini, Kasur Anda Dijamin Bebas Penyakit

Menjaga kebersihan tempat tidur sangat penting untuk dilakukan. Salah saturnya dengan membersihkan bagian kasur yang selalu kita pakai untuk tidur. Jika tidak dibersihkan, ancaman penyakit bisa saja datang. Hal itu karena kasurlah yang memiliki kontak langsung dengan tubuh kita saat tidur. Maka dari itu, simak beberapa hal berikut agar kasur Anda bebas dari penyakit.

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Kasur Bebas Penyakit

Berada di atas kasur merupakan salah satu kenikmatan yang biasa kita lakukan. Mulai dari tidur, membaca buku, bermain game, hingga makan. Tak jarang kasur menjadi berantakan dan menghasilkan debu-debu halus di atasnya. Agar kasur Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit, cobalah lima cara berikut ini untuk mengatasinya:

  • Rutin Mengganti Sprei

Apakah Anda sering tidur dan tidak membersihkan wajah terlebih dahulu? Perlu diketahui bahwa kotoran pada wajah bisa menempel di permukaan bantal, guling atau juga kasur. Maka dari itu, Anda harus rutin mengganti sprei agar kuman/bakteri tidak menempel pada sprei tersebut.

  • Jangan Berada di Kasur Saat Berkeringat

Kasur yang basah akibat keringat bisa membuatnya menjadi lembap. Kelembapan pada kasur bisa memicu jamur untuk berkembang biak. Salah satunya adalah jamur Cladosporium, Jamur ini bisa menyebabkan pneumonia, asma, serta infeksi jamur.

  • Bersihkan Kasur dengan Vacum Cleaner

Perlu diketahui bahwa terdapat sekitar 500 juta sel kulit mati yang dikeluarkan tubuh dalam sehari. Sel kulit mati ini akan bercampur dengan keringat, bulu hewan peliharaan, debu, dll. Akibatnya dapat menyebabkan gangguan pada kulit, seperti gatal-gatal. Untuk itu, rutin membersihkan kasur dengan vacum cleaner dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit.

  • Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Setelah dibersihkan, jemur kasur di bawah sinar matahari. Hal ini untuk mencegah agar kasur tidak lembab dan menyebabkan jamur. Pastikan Anda menjemur kedua sisi kasur agar tidak ada bagian yang masih basah.

Memastikan kasur Anda tetap bersih dapat mencegah terjadinya penyakit yang mungkin datang akibat bakteri dan juga jamur. Hal itu karena kasur merupakan benda yang sering mengalami kontak secara langsung dengan tubuh kita. Untuk itu, beberapa hal di atas perlu diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *