Hindari 5 Kesalahan Saat Memilih Rumah Pertama

Hindari 5 Kesalahan Saat Memilih Rumah Pertama

Rumah pertama yang didapatkan tentu jadi kebanggaan tersendiri. Apalagi dibeli atas usaha sendiri. Dalam proses pembeliannya sering kali Anda sebagai konsumen tergiur harga rendah yang ditawarkan di awal. Tetapi pada akhirnya Anda harus membayar dan mengeluarkan uang berkali kali untuk rumah yang sudah dibeli.

Female hand reaching for house isolated on a white background.

Hal yang Harus Dihindari saat Memilih Rumah

Beberapa hal harus diperhatikan dan dihindari saat membeli rumah. Ini dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah yang mungkin saja datang sesaat setelah memiliki rumah. Apa saja yang musti dihindari saat memilih rumah pertama?

  • Memilih tidak sesuai budget

Kesesuaian budget jadi hal pertama yang patut jadi sorotan. Anda tentu harus membeli rumah sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika tertarik dengan rumah yang harganya lebih tinggi, Anda bisa melakukannya di lain waktu. Jangan sampai memilih dan membeli rumah yang tidak bisa dilunasi.

  • Persetujuan tidak tertulis

Hindari persetujuan tidak tertulis. Setelah memilih rumah dan melakukan persetujuan antar kedua belah pihak jangan lupa untuk membuat persetujuan tertulis. Ini bisa digunakan jika hal mendesak datang di kemudian hari.

  • Tidak memperhitungkan asuransi

Asuransi juga perlu diperhitungkan. Beberapa hunian langsung dilindungi dengan asuransi. Yang salah adalah ketika Anda tidak memperhitungkan bahkan tidak menanyakan asuransi yang terkait. Perhitungkan asuransi untuk menghindari tunggakan berlebih.

  • Tidak siapkan biaya cadangan

Tindakan ceroboh ini bisa membuat Anda terpuruk. Apalagi jika keuangan sedang pas pasan. Biaya cadangan perlu disiapkan sejak awal pemilihan rumah agar terhindar hari potensi menghutang. Hal apapun bisa terjadi dan Anda harus siap dengan segala kemungkinan tersebut. 

  • Tidak memperhatikan lingkungan sekitar

Ini yang paling sering diabaikan, tidak mempertimbangkan lingkungan sekitar. Pertimbangan akan lingkungan sekitar harus dilakukan. Tujuannya agar tahu potensi apa yang akan terjadi. Seperti rawan terkena bencana seperti banjir atau daerah rawan kemacetan. 

Hal – hal di atas perlu diperhatikan saat memilih rumah. Selektif dalam memilih bukan hanya fokus pada rumahnya saja tapi juga hal lain pendukungnya. Dengan begitu tidak mustahil Anda bisa mendapatkan rumah pertama tanpa harus menghadapi masalah yang berarti

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *