Jenis Pondasi Rumah atau Bangunan

Jenis Pondasi Rumah atau Bangunan

Saat akan membangun sebuah rumah atau bangunan, tentunya dibutuhkan pondasi agar bisa berdiri kokoh. Pondasi adalah suatu bagian dari konstruksi bangunan yang memiliki peran sangat vital. Pondasi memiliki fungsi untuk menahan berat atau beban bangunan secara keseluruhan. Jika pondasinya kuat, maka bangunan yang berdiri di atasnya juga akan kokoh dan tidak mudah roboh.

Pondasi terdiri dari dua jenis, yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Untuk lebih jelas mengenai pondasi, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. 

Jenis Pondasi Dangkal

  • Pondasi Rumah Tikar

Pondasi jenis ini biasanya digunakan pada kondisi beban struktural atau beban kolom yang letaknya berdekatan dengan pondasi rumah dan saling terhubung atau berinteraksi untuk menyebar beban dari struktur bangunan. Biasanya pondasi ini digunakan pada bangunan yang dibangun di atas tanah dengan kondisi lunak. 

  • Pondasi Rumah Tapak

Jenis pondasi ini cocok digunakan untuk konstruksi rumah atau bangunan yang berdiri di atas tanah yang lembek atau lunak. Pondasi jenis ini terletak pada bagian bawah kolom dan terbuat dari beton bertulang. Karena harganya yang terjangkau dan galian tanah yang harus dilakukan terbilang sedikit, pondasi ini banyak dipilih untuk dasar bangunan bertingkat.

  • Pondasi Rumah Pelat Beton Lajur

Pondasi jenis ini cocok digunakan apabila penampang yang digunakan terlalu besar, sehingga bisa dibagi dengan cara memanjang agar penampang menjadi tidak terlalu lebar. Pondasi ini banyak digunakan karena dianggap kuat dalam menopang bangunan yang berdiri di atasnya. 

Jenis Pondasi Dalam

  • Pondasi Rumah Piersa

Pondasi jenis ini dibuat dengan menggunakan beton bertulang pre cast dan berfungsi meneruskan beban struktural yang berat pada suatu bangunan. 

  • Pondasi Rumah Tiang

Pondasi jenis ini merupakan suatu konstruksi pondasi yang bisa menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang, sehingga Anda bisa memperoleh beton yang terjamin mutunya karena dibuat dengan sistem pabrikasi. 

  • Pondasi Rumah Bore Pile

Pondasi ini biasanya dibuat dengan membuat lubang menggunakan bor yang dibangun di dalam tanah sesuai kedalaman yang dibutuhkan. Jenis pondasi ini memiliki keunggulan yaitu dapat menahan beban struktur pada bangunan, mampu melawan gaya angkat, dan mampu membantu struktur yang ada di bagian dalam melawan kekuatan yang ditimbulkan oleh gaya lateral.

Dengan ulasan di atas, Anda kini semakin tahu dan paham mengenai jenis pondasi tentunya. Kini Anda sudah tidak perlu bingung dalam menentukan pondasi jenis apa untuk membangun rumah impian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *