Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Pondasi bangunan terdiri dari berbagai jenis. Tiap jenis memiliki karakter dan keunggulan masing-masing. Salah satu jenis pondasi yang banyak digunakan untuk bangunan yaitu pondasi batu kali. Jenis ini dianggap tahan lama, kokoh, dan murah. Berikut ini karakter pondasi batu kali yang wajib Anda ketahui. 

Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Karakter Pondasi Batu Kali

  • Sederhana dan Praktis

Jenis pondasi ini memiliki karakter yang sederhana dan proses pengerjaan yang praktis. Selain itu, pondasi batu juga lebih hemat karena tidak membutuhkan bahan baku yang terlalu banyak. Jenis pondasi juga tidak membutuhkan penggunaan alat berat karena sederhana, sehingga bisa menekan pengeluaran. 

  • Pemasangan yang Fleksibel

Ukuran pada pondasi batu kali bisa disesuaikan dengan lebar bangunan sehingga lebih fleksibel. Pondasi jenis ini juga bisa meminimalisir apabila terjadi ketidakakuratan pada pondasi rumah Anda dan memiliki daya topang yang maksimal terhadap beban konstruksi bangunan.

  • Awet dan Tahan Lama

Pondasi batu kali banyak digunakan untuk bangunan karepna dianggap awet dan tahan lama daripada pondasi jenis lainnya. Jenis pondasi ini sangat efektif untuk konstruksi bangunan semakin kokoh dan kuat. 

  • Mampu Meminimalisir Kebocoran

Jenis pondasi batu kali memiliki karakter dan keunggulan yaitu dapat meminimalisir terjadi kebocoran. Bangunan yang menggunakan pondasi jenis ini akan menjadi lebih terjaga kesehatannya karena tidak mudah terkena jamur, banjir, dan segala macam kebocoran lainnya.  

  • Hemat Waktu Pengerjaan

Karena memiliki karakter yang sederhana, waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan pondasi ini juga tergolong cepat. Tidak hanya menghemat biaya, dengan menggunakan pondasi batu kali Anda juga bisa menghemat waktu. Jenis pondasi seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki rencana pembangunan dengan waktu yang cepat.

  • Biaya Terjangkau dan Mudah Ditemukan

Karena sederhana dan praktis, bahan baku yang dibutuhkan untuk pondasi jenis ini juga terbilang mudah dan harganya cukup murah. Anda hanya membutuhkan batu kali, semen, dan pasir, sehingga bisa menekan biaya dan pengeluaran Anda. 

  • Tahan Gempa

Pondasi batu kali memiliki karakter yang kokoh sehingga tahan terhadap guncangan. Agar daya tahan terhadap guncangan semakin kokoh dan kuat, pondasi ini bisa dikombinasikan dengan teknik pemasangan bore pile atau strauss pile. Kombinasi ini bisa meredam getaran dari dalam tanah atau guncangan yang ada di lingkungan sekitar bangunan.

Karakter dari pondasi batu kali di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang sedang merencanakan pembangunan rumah agar lebih efektif, efisien, dan hemat. Dengan mempertimbangkan karakter dari pondasi jenis ini Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi tanah dan lingkungan, desain bangunan yang diinginkan, dan budget yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *