Inspirasi Model Dapur Sederhana Hemat

Inspirasi Model Dapur Sederhana Hemat

Buat Anda yang suka berkutat di dapur melakukan aktivitas masak, pasti ingin ruang dapur yang sesuai dengan passion. Tapi ketika lahan dan anggaran terbatas, tentu harus disiasati dengan desain yang sederhana dan hemat tapi tetap mengedepankan keindahan dan kenyamanan maksimal. Kalau Anda butuh inspirasi model dapur tersebut, wajib simak informasinya sampai tuntas!

Dari Pemilihan Warna Hingga Manfaatkan Bahan Yang Ada

Sebenarnya untuk menciptakan dapur yang menyenangkan tak butuh banyak kolaborasi warna, Anda juga bisa menggunakan bahan alam yang tentu harganya lebih nyaman di kantong. Jangan lupa untuk menggunakan spot multifungsi, atau memadukan dua area dan pastinya cobalah untuk memanfaatkan bahan yang ada sebagai penyempurna model dapur idaman.

  • Desain Satu Warna

Untuk meminimalisir biaya furniture dan bahan lainnya di dapur, Anda bisa mendesain dapur dengan satu warna natural saja. Contohnya menggunakan warna putih untuk semua area, baik dinding, rak gantung, hingga meja dan kursinya. Warna putih sangat sederhana namun mampu memberikan kesan bersih, luas, dan nyaman.

Anda juga bisa memanfaatkan kabinet murah tanpa pintu dengan warna putih di salah satu sisi ruangan.  Kemudian tempatkan perangkat masak bernuansa putih pada sisi berseberangan kabinet akan mempermudah ruang gerak, jika tak memiliki jendela utama, maksimalkan ventilasi udara dan pintu dengan nuansa putih yang membantu agar ruangan tetap segar usai memasak.

  • Bahan Alam 

Seperti kayu, bebatuan alam bisa jadi elemen penting. Buatlah lemari penyimpanan dari kayu, meja dan kursi kayu serta gantungan perlengkapan dapur dari bebatuan yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Jika merupakan dapur yang baru di bangun, Anda tak perlu memberi polesan semen pada dinding, biarkan bata memberi kesannya sendiri.

  • Spot Multifungsi

Cobalah model dapur multifungsi, contohnya kabinet dengan jumlah rak bertingkat, bisa dijadikan tempat menyimpan bahan makanan, sekaligus perlengkapan dapur seperti piring, gelas dan sendok. Kemudian maksimalkan fungsi meja dapur sebagai tempat untuk menata bumbu masakan Anda, sehingga tak perlu rak khusus yang tentu butuh biaya tambahan.

Di atas wastafel dapur, bisa dijadikan tempat menggantung berbagai sendok masak dan sejenisnya. Sehingga ruangan terlihat full namun tetap artistik dengan penataan yang apik. Jangan lupa tetap pisahkan area kotor dan bersih, agar dapur yang nyaman tetap bisa Anda miliki.

  • Perpaduan Dua Area

Untuk memberi kesan luas pada dapur sederhana Anda, cobalah memadukannya dengan ruang makan tanpa sekat. Beri warna yang senada antara dapur dan ruang makan, sehingga jadi kesatuan yang indah. Contohnya, bahan furnitur dapur seperti rak gantung, lemari penyimpanan dari kayu, sama dengan bahan meja dan kursi makannya.

  • Manfaatkan Yang Ada

Untuk meminimalisir anggaran, Anda bisa memanfaatkan sisa bahan bangunan yang ada menjadi interior dapur yang punya makna tersendiri. Contohnya, meja dapur yang dibuat dari papan dan kayu, dengan penyangga terbuat dari kursi yang sudah tak terpakai. Atau lampu di area dapur yang dibuat menggunakan aluminium bekas yang dicat ulang.

Jika Anda belum memiliki lemari karena keterbatasan dana, bisa memanfaatkan kayu bekas yang diberi penyangga dan dipasang pada salah satu sisi dinding dapur. Hasilnya akan tetap menawan selama Anda menatanya dengan mengedepankan sisi artistik.

Tak ada yang tak mungkin untuk menciptakan dapur sederhana dengan anggaran terbatas. Penghematan lewat bahan baku, penataan, dan memaksimalkan semua spot ruangan akan menghasilkan dapur yang tetap jadi area terbaik bagi Anda yang suka masak. Dan pastinya memberi nuansa lain pada rumah kesayangan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *