Serba-Serbi Tipe Plafon Rumah untuk Hunian

Serba-Serbi Tipe Plafon Rumah untuk Hunian

Rumah tanpa plafon ibarat makan nasi tanpa lauk, keterkaitan keduanya sangatlah dekat. Karena selain membatasi bagian rangka atap bangunan dengan ruangan, plafon juga mengatasi kebisingan dan debu. Saat ini banyak tipe plafon yang dijual dengan keunggulannya masing-masing, Anda penasaran apa saja tipenya? Siapa tahu bisa dipakai untuk hunian Anda!

7 Tipe Plafon Rumah Yang Wajib Anda Tahu

Tujuh tipe plafon ini adalah yang paling sering dipakai di berbagai hunian, tergantung bentuk bangunan, tinggi, dan material yang digunakan untuk pembangunan. Masing-masing punya karakter sendiri yang mampu membuat rumah jadi lebih indah.

  • Konvensional

Adalah tipe standar yang sering dipakai, karena mudah dipasang. Bentuknya lembaran datar yang ditempel di bawah rangka bagian atap. Material yang tersedia untuk tipe ini seperti multipleks, gypsum atau PVC.

  • Kubah

Tipe plafon yang memberi efek luas dan megah pada bagian atap, karena melengkung seperti kubah masjid. Cocok digunakan untuk ruangan luas dan langit-langit ruangan cukup tinggi, sehingga kesan megahnya benar-benar tercipta sempurna.

  • Rangka Atap Yang Terbuka

Bagian yang ditutup hanya isi rangka atap, sedangkan kayu atau beton rangka dibiarkan terbuka. Tipe ini memberi penegasan pada struktur rangka atap, sehingga kesan unik dan artistik jadi sangat menonjol. Biasanya tipe ini dipakai untuk rumah berkonsep industrial, klasik, atau rustic.

  • Tray Ceiling

Tipe ini berbentuk baki persegi yang terbaik, sehingga bagian tengah plafon lebih tinggi dari bagian pinggirnya. Kesan klasik bisa timbul ketika bentuknya dimodifikasi sedemikian rupa mengikuti konsep ruangan. bahan yang biasa digunakan adalah gypsum, multipleks atau GRC.

  • Busur

Mirip dengan busur panah, tipe plafon yang satu ini memberikan efek seperti fleksibel atau elastic. Bagian lengkungan atap dibuat menonjol agar kesan mewahnya jadi lebih terlihat. Kalau Anda memiliki rumah dengan konsep modern sepertinya cocok pakai tipe plafon ini untuk ruang tamu dan ruang keluarga.

 

  • Coffered

 

Merupakan tipe plafon dengan bentuk susunan persegi pada bagian langit-langit atap. Material kayu, kaca, bahkan logam sangat tepat untuk menggunakan tipe ini. Apalagi di ruangan dengan interior minimalis, sebagai upaya membuat ruangan jadi leboh energik dan menyenangkan.

  • Transparan

Dipakai pada ruangan dengan konsep terbuka dan banyak menggunakan elemen kaca, baik pada pintu, jendela maupun dinding. Sehingga terlihat keserasian antara ruangan dengan atapnya. 

Sangat terlihat bagaimana pentingnya peran plafon terutama dalam dekorasi ruangan bukan? kalau saat ini rasanya plafon rumah Anda belum mampu membuat ruangan lebih indah, cobalah untuk mengaplikasikan salah satu tipe di atas untuk ruangan yang lebih berkarakter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *