Cara Merawat Pintu Geser Rumah

Cara Merawat Pintu Geser Rumah

Saat ini, penggunaan pintu geser sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Pintu geser ini biasanya digunakan pada rumah dengan tipe modern ataupun semi modern. Alasan penggunaan pintu geser ini juga untuk menghemat ruang, apalagi rumah Anda berbentuk minimalis. Dengan menggunakan pintu geser, pintu tidak akan memakan ruang yang banyak ketika dibuka.

Ada jenis pintu geser yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Ada pintu geser yang terbuat dari material kayu, bahkan ada yang terbuat dari material kaca. Nilai astetik yang dimiliki oleh pintu geser pun tak kalah dari jenis pintu ukir. Oleh karena itu peminat pintu geser saat ini juga semakin banyak. 

Cara Merawat Pintu Geser

Perawatan pintu geser pun cenderung berbeda dari jenis pintu lainnya. Hal ini dikarenakan model pintu yang berbeda. Adapun beberapa cara merawat pintu geser agar awet dan tahan lama antara lain adalah:

  1. Rajin Mengencangkan Sekrup dan Roda Pintu

Terlalu sering dibuka dan ditutup akan membuat sekrup dan roda pintu perlahan-lahan melonggar. Roda dan sekrup yang longgar biasanya akan membuat pintu menjadi sulit untuk dibuka ataupun ditutup. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus rajin-rajin memeriksa keadaan roda dan sekrup pada pintu. Jika sudah kendur, maka kencangkan sekrup dan roda pintu agar dapat berfungsi dengan baik lagi.

  1. Rajin Membersihkan Railing Pintu

Anda juga harus rutin membersihkan railing pintu dari debu dan kotoran yang menempel. Ketika banyak kotoran yang menempel, maka pintu akan cenderung sulit untuk dibuka. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan railing pintu Anda minimal satu bulan sekali.

  1. Membuka dan Menutup Pintu dengan Pelan

Dalam membuka dan menutup pintu, sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan. Membuka dan menutup pintu dengan gerakan yang kuat lama kelamaan akan merusak frame pintu. Frame pintu yang longgar akan menimbulkan suara yang berisik ketika pintu dibuka. Oleh karena itu, pelan-pelanlah dalam membuka dan menutup pintu.

Pintu geser akan bertahan lama jika Anda merawatnya dengan baik. Sebaliknya, jika Anda malas merawatnya, maka pintu geser akan cepat rusak. Hal ini berlaku juga untuk jenis pintu lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *