Cara Membersihkan Kipas Angin yang Mudah

Cara Membersihkan Kipas Angin yang Mudah

Kipas angin merupakan salah satu barang elektronik yang hampir dimiliki oleh semua orang. Bahkan ada saja orang yang memiliki kipas angin lebih dari satu di rumahnya. Kipas angin akan membantu Anda dalam membuat ruangan menjadi sejuk dan lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan AC. Oleh karena itu kipas angin sangatlah merakyat.

Kipas angin yang berputar hampir setiap hari sering kali membuat debu-debu dan kotoran menjadi menempel pada baling-balingnya. Jika dibiarkan, maka kipas angin tersebut akan menyalurkan udara yang berdebu. Dengan demikian udara di ruangan Anda menjadi tidak bersih. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu membersihkan kipas angin secara rutin.

Cara Membersihkan Kipas Angin

Sebagian besar orang ternyata masih salah dalam membersihkan kipas angin. Akibatnya, kipas angin tidak akan bersih secara maksimal dan tetap saja masih menyisahkan debu di baling-balingnya. Oleh karena itum diperlukan cara yang khusus untuk membersihkan kipas angin. Adapun beberapa cara membersihkan kipas angin antara lain adalah:

  1. Pastikan Kipas Angin Tidak Terhubung dengan Aliran Listrik

Memastikan kipas dalam keadaan tidak dialiri listrik adalah hal yang paling penting yang harus dilakukan. Jika masih terhubung dengan aliran listrik, maka akan sangat membahayakan bagi Anda ketika membongkarnya. Pastikan juga kipas sudah dalam keadaan yang dingin dan tidak panas agar keselamatan dapat terjaga.

  1. Menggunakan Penyedot Debu

Anda juga bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan baling-baling kipas dan bagian lainnya. Menggunakan penyedot debu dianggap lebih efektif bila dibandingkan dengan menggunakan kemoceng. Namun pastikan Anda membersihkan kipas angin yang sudah dibongkar agar lebih mudah.

  1. Cuci dan Sikat Bagian Kipas Angin

Agar lebih bersih, Anda dapat mencuci bagian baling-baling kipas angin kemudian keringkan dengan lap bersih. Untuk bagian penutup kipas, Anda dapat menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi bekas. Setelah bersih, Anda dapat mengelapnya dengan menggunakan kanebo kering hingga seluruh bagian kipas menjadi kering.

Pastikan Anda membersihkan kipasa secara rutin agar sirkulasi udara di ruangan tidak terkontaminasi oleh debu yang menempel pada kipas. Anda dapat membersihkan kipas angin minimal sekali dalam sebulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *