Tips Merawat Cat Dinding Rumah Agar Tetap Awet

Tips Merawat Cat Dinding Rumah Agar Tetap Awet

Pemilihan warna cat dinding rumah menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi nilai estetika rumah. Oleh karena itu, Anda harus merawat cat dinding rumah agar awet dan tahan lama sehingga rumah Anda tampak indah. Berikut ini akan diulas lebih dalam mengenai tips merawat cat dinding rumah. 

Cara Merawat Cat Dinding Rumah

  • Membersihkan permukaan dinding 

Anda dapat menggunakan kain lembut yang diberi air dan sabun untuk membersihkan permukaan dinding. Apabila Anda menjumpai adanya noda pada dinding, Anda dapat membersihkannya memakai penghapus khusus sehingga noda tersebut akan hilang. 

  • Memperbaiki bagian dinding yang rusak

Apabila dinding rumah Anda mengalami kerusakan misalnya terdapat goresan maupun lubang yang besar maka Anda dianjurkan untuk segera memperbaikinya agar kerusakan tidak semakin parah. Anda bisa memperbaiki sendiri bila kerusakan hanya pada permukaan saja. Jika kerusakan parah, Anda bisa menggunakan jasa tukang. 

  • Memadukan warna cat dengan permukaan dinding 

Apabila Anda akan mengecat pada dinding rumah menggunakan cat baru maka harus memperhatikan beberapa hal. Anda pilih warna cat  yang serasi dengan permukaan dinding agar tidak tampak seperti dilapisi ulang. 

Namun, jika warna cat yang lama telah pudar maka pilihlah cat yang tebal. Anda dianjurkan untuk memilih cat dengan bahan dasar air. Hal ini dikarenakan cat tersebut bagus digunakan sebagai pelapis dan biasanya tahan lama. 

  • Sebelum dinding dicat, Anda beri primer terlebih dahulu

Anda dianjurkan untuk memberi primer sebelum dinding rumah diolesi dengan cat. Tujuannya adalah agar lapisan cat dapat awet, tahan lama dan tidak gampang terkelupas. Selain itu, bisa membuat permukaan dinding menjadi lebih lembut.  

  • Pengecatan dilakukan setelah dinding kering

Hal ini bertujuan agar warna cat dapat melekat pada dinding dengan sempurna. Anda dianjurkan untuk mengecat dinding rumah pada musim kemarau agar dinding cepat mengering.  

Informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk merawat cat dinding di rumah sehingga awet dan tahan lama. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran karena tidak harus sering mengecat rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *