Ini Dia Strategi Miliki Rumah Sebelum Usia 30 Tahun

Ini Dia Strategi Miliki Rumah Sebelum Usia 30 Tahun

Memiliki rumah di usia muda adalah impian banyak orang. Kini, banyak generasi muda di usianya yang kurang dari 30 tahun telah memiliki rumah sendiri dari hasil kerja kerasnya. Lalu, apa saja strategi yang dilakukan untuk merealisasikan impian tersebut? Anda penasaran? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Strategi Memiliki Rumah Di Usia Muda 

  • Menentukan Budget

Sebelum Anda membeli rumah, Anda cari informasi mengenai harga rumah yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda tentukan budget sesuai kemampuan dan pendapatan. Misalnya, Anda memiliki gaji sekitar 4 hingga 5 juta per bulan maka Anda bisa membeli rumah di pinggiran kota atau bisa juga membidik rumah bersubsidi.  

  • Menabung

Setelah Anda menentukan budget dan jenis rumah idaman, kini saatnya Anda mulai menabung.  Pertama, Anda kumpulkan biaya untuk membayar uang muka atau DP. Biasanya DP dibayarkan 20% dari total harga rumah. Namun, Anda juga harus memperhitungkan kenaikan harga properti per tahun. 

Apabila Anda ingin memiliki rumah semuda mungkin maka Anda harus rajin menabung sejak dini. Jumlah nominal uang yang ditabung pun harus banyak, setidaknya minimal 30% dari total gaji Anda.

  • Memilih KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang tepat

Saat sudah memiliki uang yang cukup, kini Anda bisa mulai mencari bank yang memfasilitasi program KPR. Anda cari tau syarat dan ketentuan yang berlaku di beberapa bank. Anda dapat memilih salah satu bank yang memberikan persyaratan sesuai dengan kemampuan. 

  • Investasi

Investasi merupakan salah satu solusi terbaik untuk mewujudkan impian Anda memiliki rumah di usia muda. Selain menabung, dengan berinvestasi Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan sehingga Anda bisa lebih cepat membeli rumah. 

  • Hidup hemat

Mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk hidup hemat. Caranya Anda pangkas pengeluaran harian dengan mengurangi nongkrong di kafe, nonton film di bioskop dan lain-lain. Anda juga dapat beralih menggunakan trasnportasi umum saat ingin bepergian. 

Informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi dan panduan untuk merealisasikan impian Anda memiliki rumah idaman di usia muda. Banyak strategi yang dapat Anda jalankan untuk mewujudkan impian tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *