Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan

Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan

Saat musim hujan tiba, terkadang muncul berbagai permasalahan pada dinding rumah Anda. Contohnya dalah air hujan merembes ke dalam dinding. Permasalahan ini tentu tidak boleh disepelekan karena dapat merusak keindahan rumah Anda. Selain itu, dapat mengganggu kesehatan karena menyebabkan ruangan menjadi lembab. 

Air yang merembes dapat membentuk noda-noda di dinding. Selain itu, dapat menyebabkan munculnya gelembung-gelembung cat akibat di antara dinding dan cat terdapat air sehingga menjadikan cat mudah terkelupas. 

Faktor-faktor Penyebab Dinding Rembes

  • Salah dalam membuat adukan plester

Anda harus membuat adukan plaster dengan baik agar mampu menahan air. Bahan adukan berupa pasir dan semen. Perbandingan kedua bahan tersebut adalah 2:1. 

  • Tidak merendam batu bata sebelum dipasang

Tujuan batu bata direndam adalah untuk membuat pori-porinya tertutup. Apabila batu bata dipasang dalam kondisi kering maka air pada bahan spesi akan terserap oleh batu bata sehingga struktur dinding tidak dapat kering rata. 

  • Rumah dibangun pada musim hujan 

Anda tidak dianjurkan untuk membangun rumah pada musim hujan. Hal ini dikarenakan saat musim hujan maka semua material mengandung air sampai titik jenuh. 

  • Pemasangan talang yang salah

Anda dianjurkan untuk memasang talang tidak berhimpitan langsung dengan dinding. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan dinding rembes saat musim hujan tiba. 

  • Dinding retak

Dinding yang retak dapat menyebabkan air meresap ke dalam dinding tersebut sehingga dinding merembes. 

Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan

  • Menggunakan pelapis waterproof

Anda dapat memakai pelapis waterproof untuk melapisi dinding rumah Anda. Pelapis waterproof mampu menahan air rembesan. 

  • Melakukan plaster ulang 

Apabila dinding rumah Anda telah banyak yang rembes maka melakukan plaster ulang adalah solusi terbaiknya. Tujuan dilakukan plaster ulang adalah untuk meminimalisir terjadinya rembesan pada saat terjadi hujan berikutnya. Anda dapat mencampurkan zat aditif yang memiliki sifat tahan air pada plaster. 

  • Memeriksa bagian retakan

Rembesan air juga dapat disebabkan oleh retaknya dinding rumah. Solusinya adalah Anda menyemen lagi bagian dinding yang retak. Selanjutnya, Anda plaster dan melapisinya menggunakan bahan yang tahan air. 

Anda dapat mempraktekkan cara mengatasi dinding rembes air hujan seperti yang telah dijelaskan di atas agar dinding rumah Anda tidak mengalami kerusakan. Dengan demikian, diharapkan jika hujan turun air hujan tidak rembes ke dalam dinding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *