Tips Atasi Dinding Rembes Saat Musim Hujan

Tips Atasi Dinding Rembes Saat Musim Hujan

Banyak permasalah yang sering terjadi di rumah ketika musim hujan tiba. Salah satunya adalah dinding rembes. Permasalahan ini harus diatasi karena jika tidak dapat merusak cat dinding dan furnitur sehingga nilai estetika rumah Anda menjadi berkurang.

Tips Atasi Dinding Rembes Saat Musim Hujan

  • Ketahui penyebab dinding rembes

Dinding rembes dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah tingkat kelembaban pada dinding tinggi saat musim hujan. Selain itu, bocornya talang air atau dag beton juga dapat menjadi penyebab dinding rembes karena  air yang mengalir dapat masuk ke celah-celah dinding. 

  • Ketahui cara mengatasi dinding rembes

Apabila rembesan disebabkan oleh dinding yang retak maka Anda harus menutup retakan dengan campuran semen dan bahan aditif. Namun, apabila retakan terjadi pada dag beton di atap maka bagian yang retak dapat Anda tutup dengan semen groating atau acian. Setelah Anda menutup bagian yang retak maka dinding dilapisi menggunakan waterproof.  

  • Ketahui cara mencegah dinding rembes
  • Anda plester dinding dengan baik 

Tujuan dinding dilapisi dengan plester adalah agar dinding tidak gampang menyerap air. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan bahan plaster terbaik. Semen yang digunakan banyak agar pori-pori dinding tidak mudah ditembus air. 

  • Membangun atap dak beton yang kuat

Atap dak beton sering mengalami kebocoran karena tergenang air hujan sehingga air mudah meresap. Dalam jangka waktu yag lama hal ini menyebabkan air dapat menembus dinidng bangunan rumah Anda. Oleh karena itu, solusinya adalah atap dak beton dibangun dengan kuat.  

  • Anda lapisi dinding memakai waterproofing

Anda dainjurkan untuk mengecat dinding menggunakan cat yang telah dicampur dengan bahan waterproofing. Tujuannya adalah agar air tidak dapat masuk ke pori-pori dinding rumah Anda sehingga tidak mudah rembes. Caranya adalah, dinding Anda cat dua kali lapisan. 

Tips atasi dinding rembes saat musim hujan di atas dapat Anda jadikan sumber referensi untuk memperbaiki dinding rumah Anda yang rembes. Anda harus mengenali penyebab dinding rembes terlebih dahulu agar dapat mengatasinya dengan tepat. Dengan demikian, dapat mencegah rusaknya cat pada dinding sehingga membuat dinding rumah Anda tampak cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *