Penyebab Cat Tembok Menggelembung

Penyebab Cat Tembok Menggelembung

Cat tembok memiliki peran penting di dalam mempercantik tembok bangunan rumah Anda agar tampak indah. Hal ini dikarenakan cat dapat berfungsi untuk melindungi struktur tembok dari berbagai gangguan yang dapat merusak tembok. 

Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada tembok, salah satunya adalah tiba-tiba cat tembok menggelembung. Anda penasaran apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Faktor-faktor Penyebab Cat Tembok Menggelembung

  • Tembok tidak pernah dirawat

Tembok yang tidak pernah dirawat dapat mempercepat lapisan cat tembok menggelembung. Hal ini jika dibiarkan maka dapat menyebabkan cat terkelupas. Hal ini tentu dapat merusak tembok sehingga tampak kurang menarik. Selain itu, struktur temboknya pun akan cepat rusak karena tidak memiliki lapisan pelindung. 

  • Kualitas cat akhir lebih bagus dibandingkan kualitas cat dasar

Apabila cat dasar yang Anda gunakan kualitasnya rendah, pengaplikasian plamur pada permukaan tembok yang diselesaikan dengan kualitas kurang bagus dan adanya kebocoran juga dapat menjadi penyebab penggelembungan cat tembok. 

  • Pengecatan dinding yang masih basah

Hal ini sering terjadi pada saat pengecatan ulang pada dinding. Biasanya karena lapisan pertama sangat tebal sehingga menjadikan lapisan tersebut belum kering sempurna.  

Cara Mengatasi Cat Tembok Menggelembung

  • Mencat hanya pada bagian yang menggelembung saja

Apabila cat tembok yang menggelembung hanya sedikit maka Anda dapat memperbaiki hanya pada bagian yang menggelembung saja. Langkah pertama, lapisan cat Anda kikis lalu dikeringkan. Kedua, Anda lapisi dengan bahan waterproofing. Setelah itu, dinding Anda lapisi dengan cat. 

  • Melakukan cat ulang seluruh tembok

Apabila cat tembok yang menggelembung banyak maka Anda cat ulang seluruh tembok. Anda kikis seluruh lapisan cat hingga bersih. Selanjutnya, Anda keringkan tembok 12-24 jam hingga kering sempurna. Setelah itu, Anda lapisi tembok dengan cat hingga merata.  

Yuk, kenali faktor-faktor penyebab cat tembok menggelembung. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan benar dan tepat. Salah satu solusinya adalah dengan mengecat ulang tembok sehingga tembok rumah Anda tampak bersih dan indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *