Tips Penataan Lampu Downlight dalam Ruangan

Tips Penataan Lampu Downlight dalam Ruangan

Dengan memanfaatkan lampu downlight, biasanya semakin banyak terdapat ruang yang tersisa sehingga rumah Anda akan terkesan lebih luas. Selain itu, pemanfaatan lampu downlight ini juga bisa menjadi salah satu cara alternatif yang dapat membuat rumah Anda terkesan mewah. Akan tetapi, Anda masih membutuhkan tips penataan lampu downlight yang tepat, berikut caranya:  

  • Pemilihan Lampu Downlight LED

Lampu donwlight terdiri dari beberapa jenis yang bisa digunakan. Jika Anda menginginkan ruangan yang berkesan luas, Anda bisa memakai jenis pencahayaan yang satu ini. Hal ini dikarenakan lampu downlight LED cenderung mudah dipasang dan tidak membutuhkan penyesuaian yang begitu rumit saat hendak direnovasi. 

  • Memanfaatkan Tata Lampu yang Menyebar

Untuk memberi kesan ruang yang lebih luas, Anda bisa memasang beberapa titik lampu downlight secara secara menyebar dan merata. Dimana jenis lampu seperti ini dapat menghasilkan cahaya yang mampu menerangi seluruh bagian ruangan dan juga memberi kesan yang luas atau lapang. 

  • Menggunakan Teknik Lampu Wall Washing

Adapun teknik lampu wall washing ini bisa Anda lakukan dengan cara memusatkan bagian lampu downlight pada beberapa fitur yang terletak di dalam ruang tersebut. Sebago contoh, Anda bisa memfokuskan cahaya ke bagian dinding ruangan. 

  • Memilih Trim yang Sesuai dengan Cahaya dan Lampu

Tak hanya teknik wall washing saja yang bisa Anda gunakan, ada juga teknik lainnya seperti teknik trim. Trim adalah salah satu bagian yang berada pada lampu downlight dan menjadi salah satu penentu seberapa besar diameter pada lubang lampu di plafon rumah. Adapun trim lampu downlight sendiri terdiri dari beberapa jenis desain yang bisa disesuaikan dengan jenis rumah Anda. 

  • Menggunakan Teknik Grazing

Anda juga bisa menggunakan teknik grazing yang berguna untuk menampilkan tekstur material penutup dinding pada rumah Anda. Sebagai contoh, ada batu alam, marmer, kayu, dan lainnya. Jika Anda memanfaatkan teknik ini, maka jarak pemasangan antar lampu dan juga dinding akan tampak lebih dekat ketimbang dengan menggunakan teknik wall washing. 

Beberapa tips penataan lampu downlight diatas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang hendak memasang jenis lampu yang satu ini di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *