Cat Propan Untuk Dinding Retak

Cat Propan Untuk Dinding Retak

Salah satu permasalahan yang sering terjadi di rumah antara lain adalah dinding retak. Hal ini jika dibiarkan dapat merusak bangunan dan membuat tampilan bangunan tampak kurang indah. Dari segi keamanan juga berbahaya karena dapat menyebabkan bangunan menjadi roboh. Salah satu solusinya adalah Anda dapat menggunakan cat propan untuk dinding retak

Cat Propan Untuk Dinding Retak

Penyebab Dinding Retak

  • Struktur bangunan tidak kokoh

Struktur bangunan yang tidak kokoh dapat mengakibatkan dinding bata menyangga beban di luar fungsinya. Hal ini dapat memicu dinding retak. Parahnya, dapat menyebabkan bangunann roboh.   

  • Pemakaian campuran pasangan batu bata yang tidak tepat

Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pemilihan semen yang kurang berkualitas, pemakaian air yang tidak sesuai dengan ketentuan dan pasir yang digunakan kaya akan lumpur maupun zat organik. Komposisi material  pasangan batu bata yang tidak sesuai memicu pasangan bata keropos, retak dan bisa meruntuhkan bangunan.

  • Bangunan menampung beban tambahan

Salah satu contohnya adalah Anda membangun rumah yang rencana awalnya hanya 1 lantai namun Anda bangun menjadi 2 lantai. Apalagi dalam prosesnya Anda tidak mengimbangi dengan memperkuat struktur bangunan. Hal ini dapat memicu retaknya dinding.

  • Proses pengeringan plesteran yang sangat cepat

Dinding yang retak juga dapat disebabkan oleh proses pengeringan yang sangat cepat. Anda jangan khawatir karena hal ini dapat dicegah yaitu setelah pekerjaan selesai Anda dapat menyiram dinding yang diplester. 

Cara Mengatasi Dinding Retak

  1. Apabila dinding retak disebabkan oleh struktur yang tidak kuat maka Anda dapat memperkuat struktur rumah terlebih dahulu lalu memperbaikinya. 
  2. Apabila disebabkan oleh komposisi material yang tidak tepat maka Anda dapat mengganti dinding dengan material yang berkualitas. 
  3. Jika dinding hanya retak biasa maka dinding yang retak dibobok lalu ditambal dengan komposisi material terbaik, diplester, acian lalu dilakukan finishing. 
  4. Anda lapisi menggunakan cat propan. 

Mengapa memilih cat propan? Berikut ini merupakan beberapa kelebihan cat propan dibandingkan jenis cat lainnya:

  • Mudah digunakan untuk melapisi dinding, cepat kering, warnanya cerah dapat menutup dinding dengan baik.
  • Tidak terpengaruh terhadap cuaca, mencegah merembesnya air ke dalam tembok, dan lain-lain. 

Banyak kelebihan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan cat propan sebagai alternatif untuk mengatasi dinding retak. Cat tersebut dapat melapisi dinding baik eksterior maupun interior dengan baik. Harga dan pilihan warnanya pun bervariasi sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *