Mengatasi Cat Tembok Rusak Karena Banjir

Mengatasi Cat Tembok Rusak Karena Banjir

Banjir sering kali menimbulkan berbagai permasalahan pada rumah. Hal ini dikarenakan air bekas banjir mengandung garam dan bakteri yang dapat menyebabkan cat tembok dan plaster rusak. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengatasinya dengan tuntas agar tembok Anda kembali bersih dan tampak indah. 

Cara Mengatasi Cat Tembok Rusak Karena Banjir

  • Tembok dibersihkan menggunakan deterjen dan disinfektan 

Tujuannya adalah agar bakteri yang menempel pada permukaan tembok terbasmi. Anda harus berhati-hati saat memakai produk tersebut agar tidak merusak material di sekitarnya. 

  • Mengeringkan tembok 

Setelah tembok kering maka dinding dibersihkan kembali menggunakan disinfektan. 

  1. Mengupas cat menggunakan protimeter untuk menguji kadar airnya.
  2. Plaster dan acian Anda kupas

Jika plaster dan acian terkontaminasi maka tembok dikupas seluruhnya. Lalu, bata dicuci menggunakan disinfektan dan ditunggu sampai kering. Setelah itu dilakukan plaster ulang. Namun, apabila plaster dan acian tidak terkontaminasi Anda dapat langsung mengecatnya. 

  • Mengganti plaster

Anda dapat mencampurkan cairan waterproofing pada plaster. Hal ini bertujuan untuk menjadikan plaster tahan terhadap air. Anda direkomendasikan untuk mencampurkan lem putih sebanyak 3 kg setiap 40 kg plaster. 

  • Acian

Apabila Anda ingin mengaplikasikan acian maka Anda harus menunggu sampai plaster kering, yaitu sekitar 2 minggu. Anda dapat mencampurkan cairan waterproofing sebanyak 3 kg setiap 40 kg TR-30 Acian Putih. Caranya, Anda gunakan roskam besi lalu langkah terakhir Anda gosok memakai blok karet tebal. 

  • Melakukan Pengecatan 

Setelah 5 hari, Anda lakukan pengecatan pada dinding rumah. Ada dua teknik yang dapat diterapkan, pertama apabila Anda menggunakan acian semen tradisional maka pada lapisan pertama harus dicampur dengan plamur. Sebelum dicat Anda harus menunggu selama 3 minggu. 

Namun, apabila Anda menggunakan TR-30 Acian Putih maka tidak membutuhkan dilapisi dengan plamur. Pengecatan pada bagian indoor maka harus menggunakan 2 lapis. Sedangkan, pengecatan outdoor menggunakan 3 lapis. 

Informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk membantu mengatasi cat tembok rusak karena banjir. Anda dapat mengerjakannya sendiri dengan mengikuti dari tahap ke tahap atau Anda juga dapat menggunakan jasa tukang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *