Jangan Biarkan Tembok Berlumut

Jangan Biarkan Tembok Berlumut

Faktor cuaca dan iklim dapat mempengaruhi kondisi bangunan, terutama pada iklim tropis yang biasanya tembok bangunan lebih mudah untuk ditumbuhi jamur. Biasanya jamur ini akan muncul di beberapa bagian rumah yang memiliki kelembaban tinggi seperti kamar mandi, dinding luar yang sering terkena air hujan, wastafel, dan beberapa bagian lainnya. Bagaimanakah cara merawat dan melindungi rumah dari ancaman jamur dan lumut.

Jangan Biarkan Tembok Berlumut

Tips Membersihkan Lumut pada Tembok

Munculnya jamur ini sering ditAndai dengan adanya noda hitam yang dapat menyebar pada beberapa area tertentu di dinding rumah. Setelah adanya jamur maka tembok akan menjadi hijau yang tAndanya sudah ditumbuhi oleh lumut. Apabila Anda biarkan maka lumut ini akan semakin menyebar ke area tembok yang lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan lumut dari tembok rumah.

  • Bersihkan Jamur dan Lumut
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan jamur dan lumut dengan menggunakan kape sekrap atau sikat kering. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker ketika melakukan pembersihan. Setelah jamur dan lumut Anda bersihkan, kemudian semprot dengan air.
  • Bersihkan Dengan Larutan Kaporit
    Siapkan larutan kaporit atau cairan pemutih pakaian lainnya. Campurkan sekitar 500 gram kaporit dengan 2 liter air bersih. Aduk hingga merata. Pergunakan lap yang telah dicelupakan ke larutan kaporit kemudian usapkan pada dinding yang telah Anda bersihkan tadi. Ulangi hingga merata dan biarkan selama satu jam agar jamur dan lumut yang masih tersisa akan mati. Setelah itu semprot dengan air.
  • Gunakan Cairan Antijamur dan Antilumut
    Setelah permukaan dinding bersih dan kering, sapukan cairan anti jamur dan anti lumut menggunakan kuas secara merata di seluruh permukaan tembok. Ulangi hingga benar merata dan diamkan selama 2 – 6 jam. Bilas dengan air bersih dan biarkan tembok kering sempurna.
  • Gunakan Cat Anti Jamur dan Anti Lumut
    Apabila tembok telah benar-benar kering, aplikasikan cat dasar dan biarkan hingga kering. Setelah kering gunakan cat anti jamur dan anti lumut pada seluruh permukaan dinding.

Lumut yang muncul di permukaan tembok memang selain menyebabkan penyakit juga menimbulkan kesan kotor pada rumah. Tampilan rumah juga menjadi tidak menarik. Rajinlah membersihkan lumut apabila sudah mulai muncul tanda-tanda lumut pada bagian rumah. Apabila diperlukan Anda bisa melapisi semua permukaan dinding rumah dengan cat khusus agar lumut dan jamur tidak menghampiri rumah Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *