Arti Perbedaan Watt dan Volt Pada Lampu

Arti Perbedaan Watt dan Volt Pada Lampu

Ketika Anda membeli sebuah lampu biasanya penjual akan mengajukan pertanyaan berapa watt lampu yang Anda inginkan. Sebenarnya apa itu watt yang tercantum dalam sebuah lampu. Sering juga Anda mendengar tentang volt. Apakah ada korelasi antara watt dan volt tersebut pada sebuah lampu. Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa memberikan pemahaman tentang apa itu watt dan volt pada sebuah kemasan lampu.

Apa itu Watt dan Volt

Tentang Watt
Yang dimaksud dengan watt adalah suatu satuan dari sebuah nilai daya atau power yang menunjukkan tentang besarnya kapasitas listrik yang dihasilkan. Satuan watt ini biasanya sering Anda jumpai di berbagai alat termasuk lampu di rumah Anda. semakin besar watt yang tertulis maka semakin terang lampu yang digunakan.

Tentang Volt
Volt atau voltage adalah sebuah stAndar dari satuan listrik yang menunjukkan tentang sebuah nilai dari tegangan yang ada dalam listrik. Untuk bisa mengetahui berapa besar tegangan yang dimiliki suatu alat listrik Anda bisa menggunakan alat bernama voltmeter. Dalam hal ini, volt memiliki 2 karakter yang terdiri dari:

Tegangan AC
Pengertian tegangan AC adalah tegangan yang memiliki arus bolak balik. Pemasangan tegangan AC ini boleh dipasang terbalik pada rangkaian. Contoh sumber tegangan AC antara lain genset, dynamo sepeda, listrik rumah tangga, TV, dan juga motor pompa air.

Tegangan DC
Tegangan DC merupakan suatu tegangan yang memiliki arus searah. Contoh dari tegangan ini adalah battery, aki, adaptor, dan solar cell, lampu LED, smart phone, dan juga jam tangan. Pemasangan tegangan DC ini harus sesuai dengan kutubnya karena akan menimbulkan kerusakan apabila dipasang terbalik.

Saat Anda membeli sebuah lampu dan tertera di kemasannya satuan watt dan volt maka tulisan itu memberikan arti yaitu watt untuk menunjukkan berapa besaran daya listrik yang ada pada lampu,sedangkan volt menunjukkan besarnya tegangan listrik yang dihasilkan. Watt dan volt memang memiliki keterkaitan dalam pemberian informasi seputar daya yang dihasilkan pada suatu alat listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *