Tips Membeli dan Memilih Pemanas Air

Tips Membeli dan Memilih Pemanas Air

Water heater atau alat pemanas air memang sudah banyak digunakan di rumah-rumah pribadi. Saat ini juga telah banyak sekali bermunculan jenis water heater yang bisa Anda pilih, dengan berbagai teknologi terbaru yang semakin memudahkan Anda untuk menggunakannya. Banyaknya produk yang beragam mengharuskan Anda untuk lebih selektif dalam memilih pemanas air sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Saat ini pemanas air ini telah hadir dengan beberapa sumber energi yang digunakan sebagai penggeraknya. Ada yang menggunakan energi dari sumber listrik, uap, gas, bahkan tenaga sinar matahari. Jenis water heater juga dapat dibedakan menurut kapasitas air dan juga kebutuhan tentang waktu dama sistem pemanasan dan keamanannya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih water heater idaman.

Tips Membeli dan Memilih Pemanas Air

Tips Memilih Water Heater

Jumlah Penghuni Rumah
Kapasitas water heater bermacam-macam dan memiliki ukuran ideal masing-masing. Contohnya adalah untuk pemanas air dengan kapasitas tangki 15 liter idealnya hanya bisa digunakan untuk 2 orang saja. Begitu juga dengan water heater dengan kapasitas tangki 30 liter akan ideal jika digunakan untuk 3-4 orang. Sesuaikan jenis water heater dengan jumlah penghuni di rumah Anda agar ideal.

Pertimbangan Pipa Instalasi
Pada saat pemasangan instalasi pemanas air, akan memerlukan 2 intalasi pemipaan yaitu pipa air panas dan pipa air dingin. Rencanakan terlebih dahulu posisi alat pemanas air agar Anda mudah dalam melakukan penyambungan pipa. Idealnya pemipaan ini bisa dibarengkan dengan pipa air pada kamar mandi sehingga lebih efisien. Namun bisa juga alat pemanas air diletakkan di luar kamar mandi.

Daya Listrik dan Energi
Pilihlah pemanas air yang memiliki daya listrik sesuai dengan kapasitas listrik yang ada dirumah Anda. Jangan sampai daya yang dihasilkan lebih besar dari kapasitas listrik di rumah Anda sehingga akan mengganggu kinerja alat yang lainnya. Anda juga bisa memilih mesin dengan energi tata surya yang bisa menghemat biaya listrik atau gas karena menggunakan tenaga surya.

Selain dari pertimbangan diatas, anda juga bisa memilih mesin pemanas air yang memiliki perawatan yang mudah dan tidak terlalu rumit, misalnya pilih water heater yang menggunakan bahan anti karat dan anti bocor. Pilihlah juga yang mesin yang telah memiliki fitur keamanan yang memadai sehingga Anda tenang ketika menggunakannya. Hal terpenting adalah sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *