Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

Banyak hal yang menyebabkan tembok menjadi lembab dan berjamur, salah satunya merembesnya air dari pipa, atau berlubangnya atap rumah Anda. Selain itu, salahnya memilih cat dasar tembok juga menjadi alasan mengapa tembok lebih mudah lembab dan berjamur.

Masalah tembok ini membuat rumah menjadi kotor dan terkadang bisa mudah menimbulkan penyakit bagi para penghuni. Sebaiknya jika ada tanda-tanda bermasalahnya tembok Anda segerlah atasi. Buat rumah menjadi indah dan sehat lagi, sehingga mood juga menjadi baik.

Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

Tips Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

Siapkan beberapa bahan yang akan digunakan untuk mengatasi tembok lembab dan berjamur

  • Air
    Kaporit atau Air Cuka
    Semprotan
    Amplas atau alat yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur dan sisa cat lama
    Cat waterproof
    Cat luar warna sesuai selera
    Sarung tangan (opsional)

Langkah Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

Setelah mempersiapkan semua kebutuhan, siap-siap basmi dan perbaiki tembok rumah Anda. Sebelum melakukan pembasmian jamur pada tembok cari dulu penyebab air merembes pada tembok, dan segeralah perbaiki. Akan percuma bila tembok sudah bersih dari jamur namun air tetap mengalir deras di tembok. Jangan lupa gunakan sarung tangan agar tidak terinfeksi jamur.

Penyebab utama teratasi, mulailah langkah pertama. Anda bisa memilih menggunakan karporit maupun air yang dicampur dengan cuka. Kedua bahan tersebut sama-sama berfungsi sebagai pembasmi jamur di tembok rumah. Bila Anda memilih campuran air dan cuka, masukan kedua bahan tersebut pada semprotan dengan perbandingan 1:1, sebelum digunakan kocok terlebih dahulu.

Kemudian semprotkan campran tersebut ke tembok yang berjamur, namun bila Anda memilih bahan karporit, langsung oleskan saja pada tembok yang berjamur. Langkah selanjutnya yakni membersihkan jamur dan tembok yang lembab menggunakan amplas maupun alat lainnya yang bisa difungsikan untuk membersihkan jamur.

Apabila sudah bersih, aplikasikan cat dasar waterproof sebagai antisipasi bila suhu udara lembab dan air masuk ke tembok. Pilihlah yang berkualitas, jangan yang abal-abal. Selanjutnya aplikasikan pada tembok cat warna sesuai selera. Jangan lupa sesekali buka pintu untuk menjaga suhu ruangan, biarkan sinar matahari menyenari tembok, sehingga akan awet dan akan bersih dari jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *