Cara Memilih Triplek yang Bagus

Cara Memilih Triplek yang Bagus

Untuk memilih triplek yang bagus sesuaikan dulu dengan keperluannya. Pada dasarnya triplek merupakan hasil olahan pabrik yang merekatkan helaian kayu menjadi bentuk baru yang ketebalannya tergantung dengan jenisnya. Lembaran kayu direkatkan sedemikian rupa sehingga serat kayunya pun beragam.

Triplek banyak dijadikan bahan dasar berbagai keperluan rumah tangga, seperti flooring, furniture, sampai kerajinan tangan. Harganya yang lebih terjangkau ketimbang kayu solid, dan keberadaanya yang mudah ditemukan di took bangunan menjadikan triplek sebagai solusi pengganti bahan kayu solid diberbagai keperluan.

Kekurangan dan Kelebihan Triplek
Sebagai hasil pabrikan, triplek pasti memiliki lebih banyak kekurangan dibanding kayu solid. Salah satu kekurangannya ialah lemahnya ketahanan air sehingga tidak terlalu cocok jika diletakan di outdoor. Banyak produsen yang sudah mengakali dengan melapisi waterproof sayangnya belum dapat menjamin bila dihujam curah hujan tinggi.

Selain itu triplek juga terlalu kaku jika mau diukir ketimbang kayu, hal yang paling merugikan yakni penggunaan perekat pada triplek yang tidak ramah lingkungan sehingga pamornya masih kalah dengan kayu solid.
Dibandingkan dengan kekurangan, triplek memiliki kelebihan yang banyak salah satunya harganya yang lebih terjangkau. Triplek lebih fleksibel sehingga mampu menggantikan kayu untuk menjadi bahan dasar furniture. Permukaannya yang datar karena potongan pabrik rata sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan, akankah mau lebar atau kecil.

Jenis Triplek
Agar dapat menggunakan triplek secara maksimal pilih sesuai kebutuhan. Pasalnya, memilih triplek yang bagus sama saja memadukan kebutuhan dan jenis triplek yang tepat, sehingga kesan bagus itu dapat tercapai.

Triplek Low Density Fiberboard / partikel board
Triplek jenis ini dimanufaktur dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu, atau sisa gergajian. Jenis partikel board menjadi jenis triplek yang paling lemah atau tidak terlalu kuat. Meskipun dalapm pembuatannya ditambahkan dengan resin sintetik yang dipress bersamaan dalam pencetakannya. Harga triplek ini yang paling terjangkau.

Triplek Medium Density Fiberboad
Kualitas yang dihasilkan setingkat lebih tinggi daripada partikel board, terbuat dari serat kayu kuat dan lunak yang digabungkan dan dilem bertemperatur serta bertekanan tinggi. Tidak tahan air namun bisa diakali dengan mengecatnya dengan cat waterproof, cocok untuk furniture.

Multiplek
Terbuat dari rekatan berlapis kulit kayu, kualitas lebih baik dari dua jenis sebelumnya dan lumayan tahan air. Cocok dijadikan bahan baku perabot.

Teakblock
Berbahan baku beberapa lembaran kayu jati yang tidak solid dipress menjadi satu. Cocok untuk desain lantai dengan nilai estetik tinggi.

Blockboard
Tiga lapisan serat kayu yang berbeda dipress menjadi satu, memiliki daya tahan yang lebih baik dari jenis lainnya namun masih lunak. Bisa digunakan untuk bahan bangunan eksterior dan interior.
Semua jenis triplek sebenarnya bagus, bila faham kekurangan dan kelebihannya. Apabila penggunaannya tepat, triplek mampu membantu segala kebutuhan rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *